GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

PPDB Sekolah Swasta Alami Penurunan,Walikota Eri : Banyak yang ke Pondok Modern


Surabaya, Republiknews.com -
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyebut bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah swasta mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan karena banyak siswa yang lebih memilih mendaftar ke pondok pesantren. 


"Sekarang identik banyak yang ke pondok modern, banyak yang lari kesana (mendaftar kesana)," kata Eri Cahyadi, Selasa (18/7/2023). 


Hal itu membuat Eri mendorong sekolah-sekolah di Surabaya untuk meningkatkan kualitas jadi lebih baik. Sebab, orang tua kini lebih fokus pada sistem pendidikan pembentukan karakter anak.


"Tapi sekarang trennya berbeda, lebih banyak ke sekolah pondok. Jadi anaknya langsung tinggal disana. Mungkin ingin membentuk karakter," ujarnya. 


Ia berharap jika sekolah dengan kualitas yang baik baik dari segi infrastruktur maupun guru dapat membuka peluang agar murid bisa masuk ke sekolah mereka. 


"Nanti sistem sekolah akan kita rapatkan juga. Berarti kan orang tua lebih yakin dengan sistem yang ada agamanya. Nanti akan kita ubah setiap sekolah kok larinya kesana," ungkapnya. 


Lebih lanjut Eri juga menegaskan bahwa pihaknya sepakat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) bersedia mennadikan ini kasus yang sama yang harus segera dievaluasi sistem zonasimya.


"Jadi semua kepala daerah pada waktu APEKSI mengatakan termasuk zonasi ini agar dapat dievaluasi. Karena apa? zonasi ini kan ada yang jaraknya dekat, karena kita (pemerintah daerah) belum siap untuk semua kecamatan ada sekolah SD, SMP, SMA," pungkasnya. 

[redho]

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.