GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

PW IWO Sumsel Gelar Audensi Dengan DANREM 044 Garuda Dempo


PALEMBANG | -Republik News, 
Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan audensi dengan Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 044/Garuda Dempo (Gapo), Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, SIP., M.Si., M.Tr (Han), di Markas Korem 044/ Gapo, Jl. Jenderal Susdirman Km 4, Kota Palembang, Rabu (26/07/23).


Ketua PW IWO Sumsel Efran mengatakan maksud dan tujuan audensi tersebut untuk mengenalkan Ketua dan pengurus IWO Sumsel yang baru dilantik kepada Danrem dan pejabat utama (PJU) Korem 044/ Gapo.


“Selain silaturahmi, tujuan audensi ini untuk mensosialisasikan kepengurusan PW IWO Sumsel Periode 2022 – 2027,” kata Efran kepada Danrem dan PJU Korem 044/ Gapo. 


Efran mengaku sebelumnya ia menjadi ketua Pengurus Daerah IWO Penukal Abab Lematang Ilir, kemudian ia terpilih menjadi ketua IWO Sumsel yang baru pada pelaksanaan Musyawarah Bersama (Mubeswil) I IWO pada 28 Mei 2023, di Hotel Luminor Palembang.


Selain itu, kata Efran, ia bersama 35 pengurus dan anggota PW IWO Sumsel dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IWO Jodhi Yudono pada 4 Juli 2023 di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel.


“Saat pelantikan disaksikan oleh Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Pangdam II/ Sriwijaya, Kajati Sumsel, Bupati Banyuasin, Bupati Ogan Ilir, Wakil Bupati PALI, Direksi Bank Sumselbabel, dan tamu undangan lainnya,” ujar Efran.


Efran menuturkan, dengan keyakinan membawah visi IWO Sumsel ‘Berakhlak dan Beradab’ ia berniat memperjuangkan cita-cita luhur pejuang pers yaitu ‘Menjaga Peradaban Pers’ di Sumatera Selatan, untuk itulah, ujar Efran, ia memberanikan diri untuk mengikuti konstestasi pemilihan ketua IWO Sumsel.


“Peradaban pers harus tetap digaja dan dipelihara keberlangsungannya, peradaban pers menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itulah, saya berharap Danrem dapat membuat kebijakan bersama IWO Sumsel menjadi mitra kerja untuk berkontribusi menjaga peradaban pers di wilayah Sumatera Selatan,” tutur Efran.


Efran menerangkan, saat ini IWO sudah terbentuk di 17 kabupaten/kota Sumatera Selatan. Dari pengurus provinsi dan 17 pengurus daerah kabupaten/kota tersebut, kata Efran, ada 250 wartawan online yang bergabung dengan IWO.


Lebih lanjut, Efran mengatakan tanggal 8 Agustus 2023 nanti IWO akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 11, kemudian, pada September 2023 IWO Sumsel akan menjadi tuan rumah Musyawarah Bersama (Mubes) IWO di Kota Palembang.


“Nanti kami akan mengundang pak Danrem pada HUT IWO ke – 11 dan Mubes IWO Palembang,” terang Efran.


Disisih lain, Efran menyampaikan, dalam memperingati HUT TNI ke – 78 tahun pihaknya akan menggelar lomba menulis untuk wartawan IWO di Sumatera Selatan.


“HUT TNI ke – 78 nanti kita akan bekerjasama dengan Korem menggelar lomba menulis berita tentang TMMD dan TNI sebagai instrumen penanganan Karhutlah,” tutup Efran.


Sementara, Darem 044/ Gapo, Brigjen TNI M. Naudi Nurdika sangat mengapresiasi langkah IWO Sumsel mengunjungi Korem 044/ Gapo.


“Pertama kami ucapkan selamat atas dilantiknya menjadi ketua beserta pengurus dan anggota, kami mengucapkan terima kasih sudah menyempatkan audensi dengan kami,’ kata Danrem.

Menurut Danrem, dalam Undang-Undang No. 34 tahun 2004 disebutkan tugas pokok TNI itu pada prinsipnya ada tiga, yaitu, pertama, menegakkan kedaulatan negara, kedua, mempertahankan keutuhan wilayah dan ketiga, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.


Selain itu, kata Danrem, tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), oleh sebab itu, pihaknya sangat terbantu dengan kerja jurnalistik yang menginformasikan program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan Korem 044/ Gapo.


“Peran pers dalam hal ini wartawan online sangat penting dalam memberikan informasi hasil kerja kami kepada masyarakat luas,” ujar Danrem.


Didalam OMSP,  menurut Danrem ada 14 butir tugas-tugas TNI yaitu untuk:


1. Mengatasi gerakan separatis bersenjata. 


2. Mengatasi pemberontakan bersenjata.


3. Mengatasi aksi terorisme.


4. Mengamankan wilayah perbatasan. 


5. Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis.


6. Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri.


7. Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. 


8. Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.


9 Membantu tugas pemerintahan di daerah.


10. Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang. 


11. Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia.


12 Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.


13. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).


14. Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan, dan penyelundup.


Disisih lain, Danrem manuturkan, menerima tawaran kerjasama IWO Sumsel untuk menggelar lomba menulis dalam memperingati HUT TNI ke – 78 tahun pada Oktober 2023 nanti.


“Kedepan kita akan bicarakan melalui Kapenrem terkait teknis pelaksanaan lomba menulis,” tutup Danrem.


Dalam kesempatan itu, Ketua IWO Sumsel didampingi Sekretaris IWO Sumsel Imron Supriadi, Bendahara IWO Sumsel Noviani dan Wakil Bendahara IWO Sumsel Yulie Afriyani.


Sementara, Danrem 044/ Gapo didampingi Kasi Intel Korem 044/Gapo Kolonel Inf Arief Gumelar, Kasi Log Korem 044/ Gapo Kolonel Inf Jusriadi, Kasi Ops Korem 044/Gapo Letkol Inf Triyudianto, Pasi Komsos Korem 044/ Gapo Mayor Inf Djoko Triadi, Kapenrem 044/Gapo Kapten Arm Edi Hermanto. ( Rasyid- IWO lampura)



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.