GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Dalam Rangka HUT IWO KE-11 PW SUMSEL Gelar Berbagai Rangkaian Kegiatan


PALI - Republik News,
- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Wartawan Online (IWO) ke – 11 Pengurus Wilayah (PW) IWO Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai tanggal 5 Agustus 2023. 


Menurut Ketua PW IWO Sumsel, Efran, tema HUT IWO ke – 11 akan mengusung tema “Menuju IWO yang Lebih Baik”.


“Tema ini merefleksikan semangat wartawan IWO se Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan membangun peradaban dan kemanusiaan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan IWO menjadi lebih berjaya,” kata Efran  kepada media saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (01/08/23).


Efran juga menjelaskan bahwa Peringatan HUT IWO ke – 11 merupakan peringatan HUT IWO secara nasional yang akan dipusatkan di Palembang. Peringatan HUT IWO ke – 11 ini, kata Efran, akan jadi momentum peresmian kantor PW IWO Sumsel.


“HUT IWO tahun ini akan kita pusatkan di halaman Sekretariat PW IWO Sumsel, kami menjadi tuan rumah peringatan HUT IWO secara nasional,” jelas Efran.


“Alhamdulillah setelah kita mengalami masa pandemi, saat ini kita bisa lebih leluasa umtuk merayakan HUT IWO ini dengan lebih semarak,” Efran menambahkan.


Selain itu, ujar Efran, bahwa Peringatan HUT IWO ke – 11 akan terdiri dari berbagai kegiatan yang terbagi menjadi acara inti dan acara pendukung. 


Menurut Efran, dimulai tanggal 5 – 7 Agustus 2023 pihaknya akan menggelar lomba Gaple yang dipusatkan di halaman Sekretariat PW IWO Sumsel.


“Kita mengajak para wartawan di Kota Palembang dan warga sekitar kantor IWO Sumsel untuk berpartisipasi mengikuti lomba Gaple,” ujar Efran.


Selanjutnya Efran menuturkan, bahwa acara puncak HUT IWO juga dilaksanakan di halaman Sekretariat PW IWO Sumsel tanggal 8 Agustus 2023. Pada kesempatan itu, acara diawali dengan menggelar donor darah yang bekerja sama dengan UTD Palang Merah (PMI) Kota Palembang.


Efran menerangkan, kemudian pelaksanaan Peringatan HUT IWO ke – 11 dengan dengan rangkaian acara pidato Ketua IWO Sumsel, Ketua Umum Pengurus Pusat IWO dan pidato dari pemerintah Provinsi Sumsel yang dilanjutkan acara syukuran dan doa bersama yang dibarengi dengan pemotongan nasi tumpeng dan peresmian kantor PW IWO Sumsel.


“Pada acara puncak HUT IWO ke – 11 kita mengundang Forkopimda Sumatera Selatan,” terang Efran.


Lebih lanjut, Efran mengatakan dalam momentum itu pihaknya akan membagikan hadiah kepada pemenang lomba Gaple. Selain itu, kata Efran, IWO akan memberikan penghargaan.


Kemudian kegiatan tersebut akan ditutup dengan bantuan sosial kepada Rumah Tahfidz Rahmat dan Panti Asuhan Baitul Ridwan Kota Palembang.


Efran menyatakan Peringatan HUT IWO ke – 11 di Palembang akan dihadiri Pengurus Pusat IWO, PW IWO Lampung, PW IWO Bengkulu, PW IWO Jambi dan PW IWO Sumatera Barat.


Disisih lain, Efran menjelaskan, bahwa Wartawan online sebagai salah satu komponen bangsa wajib turut aktif membantu tercapainya hakikat pembangunan nasional bangsa indonesia.


Sehingga, pembentukan wadah yang menaungi wartawan online dalam sebuah ikatan, atas dasar kesadaran berbangsa dan bernegara,dengan mentaati kode etik wartawan online dan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku menjadi satu keharusan.


Oleh sebab itu, Ikatan Wartawan Online (IWO) perlu membentuk aturan yang menjadi landasan pergerakan menuju tercapainya cita-cita mulia bangsa, sesuai dengan ciri khas profesi kewartawanan.


“Kami sangat menyadiri betul apa yang menjadi ekspektasi masyarakat terhadap eksistensi profesi wartawan sebagai penyedia informasi. Keberadaan wartawan dalam kelembagaan organisasi profesi Ikatan Wartawan Online (IWO) Pengurus Wilayah Sumatera Selatan tak lepas dari perhatian publik. Masyarakat dewasa ini tetap memiliki menumbuh kembangkan tatanan sosial, ekonomi maupun kebudayaan. Tentu saja, tatanan yang mampu meningkatkan partisipasi ke arah lebih positif, edukatif dan mampu menjaga kondusifitas wilayah Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Efran.


Menurut Efran, bahwa Peringatan HUTIWO Ke – 11 tahun ini adalah sebagai bagian upaya dalam penguatan organisasi untuk membangkitkan lagi semangat perjuangan dalam menuntaskan visi dan misi organisasi yang belum tercapai.


Secara garis besar, kata Efran, tujuan diadakannya peringatan HUT IWO ini guna menjalin silaturahmi sesama anggota dan mitra kerja Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Sumatera Selatan.


“Penyambutan hari ulang tahun bagi suatu organisasi apapun maka akan mengangandung dua makna yang sangat esensial. Pertama, bermakna peringatan yang bersifat kedalam, dalam rangka evaluasi, intropeksi untuk  sadar akan keberadaan jati dirinya sebagai referensi untuk kedepan yang lebih baik. Kedua, bermakna perayaan yang dikandung, bermaksud  sebagai suatu pengamatan bahwa hari itu adalah hari jadinya sebagai sejarah tanggal keberadaanya,” tutup Efran.


Seperti diketahui, pada 8 agustus 2023 nanti IWO akan menginjak usia ke – 11 tahun. Perayaan HUT IWO ke- 11 akan dilaksanakan di Kota Palembang seiring dengan PW IWO Sumsel akan menjadi tuan rumah penyelenggeraan Musyawarah Bersama (Bubes) IWO 2023.


Sebelumnya, PW IWO Sumsel sudah menggelar Musyawarah Bersama Wilayah (Mubeswil) I IWO Sumsel tanggal 28 Mei 2023 di Hotel Luminor Kota Palembang. Mubeswil itu menghasilkan keputusan yang menetapkan mantan ketua IWO PALI terpilih menjadi ketua IWO Sumsel masa bhakti 2022 – 2027. 


Kemudian, tanggal 4 Juli 2023 Efran dilantik ketua umum IWO Jodhi Yudono di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel yang dihadiri Gubernur Sumatera Selatan, Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam II/Sriwijaya, Kajati Sumatera Selatan, Wakil Bupati PALI. 

(Rasyid)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.