GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Road to Rakernas, LDII Jatim Bagikan 5.000 Bibit Tanaman


Surabaya, Republiknews.com -
DPW LDII Jawa Timur membagikan 5.000 bibit tanaman pada acara Car Free Day (CFD) di Taman Bungkul, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/8). Kegiatan ini merupakan rangkaian Road to Rakernas LDII yang akan berlangsung November mendatang.

“Kegiatan ini adalah rangkaian Road to Rakernas LDII di bulan November nanti. Salah satu kegiatan sudah kami mulai sejak Agustus sampai November nanti. Mulai penghijauan, kerja bakti Bersama secara nasional pada awal Agustus lalu. Kemudian di titik-titik kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur juga sudah melakukan. Intinya ini semua bakti LDII untuk bangsa,” jelas salah satu Wakil Ketua DPW LDII Jatim sekaligus ketua panitia kegiatan, H. Maun.

Maun menambahkan, bibit tanaman yang dibagikan merupakan jenis tanaman hortikultura. Diantaranya cabe merah, cabe rawit, terong, dan sawi. Bibit-bibit tersebut dimasukkan ke dalam tas kertas kemudian dibagikan kepada warga yang hadir pada acara CFD di Taman Bungkul. Cara perawatan bibit tanaman juga disertakan pada bagian depan tas kertas. Sehingga warga yang belum paham cara pemeliharaan bibit bisa mengikuti langkah-langkah tutorialnya. Pembagian bibit dibantu  oleh Pemuda dan Wanita LDII Jawa Timur. 

Pembagian bibit dihadiri oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Achmad Eka Mardijanto. Pada kesempatan tersebut ia menyempatkan memberi sambutan singkat dan turut membagikan  bibit tanaman.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan hidup, khususnya di kota Surabaya. Jadi merupakan satu bentuk kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup atau kualitas lingkungan hidup yang ada di kota Surabaya. Dengan memberikan bibit yang dalam hal ini selaras dengan program pemerintah kota Surabaya dalam Surabaya Urban Farming dari bibit-bibit yang bisa dibudidayakan dan dikelolakan oleh masyarakat. Hal ini baik dan berguna bagi masyarakat sehingga kami berterima kasih kepada LDII yang telah memfasilitasi untuk mengadakan kegiatan pembagian 5.000 bibit di seluruh wilayah kota Surabaya,” papar Achmad Eka Mardijanto.

Ia menambahkan, acara ini sangat membantu  meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang ada di kota Surabaya. “Oleh karena itu kami mewakili Pemerintah Kota Surabaya secara umum dan khususnya Dinas  Lingkungan Hidup sebagai dinas yang mengampu terkait pengelolaan lingkungan hidup kami sampaikan terima kasih. Karena sebagaimana bapak/ibu ketahui, kualitas lingkungan hidup itu merupakan tugas kita semua,” katanya. 

Menurutnya, di Surabaya terdapat 464 taman yang terdiri dari 39 taman aktif dan 400 lebih taman pasif, seperti yang ada di jalur hijau. Sementara taman aktif seperti Taman Bungkul, Taman Pelangi dan lain-lain. “Tapi itu percuma kalau kita tidak jaga, kita biarkan. Kalau masyarakat acuh tak acuh, akan percuma jika kami siapkan taman tanpa ada kepedulian dari masyarakat. Program-program semacam ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Surabaya,” tambahnya. 

Sementara itu, Camat Wonokromo, Maria Agustina juga menyempatkan hadir sekaligus mebagikan bibit tanaman kepada warga yang melintas di area CFD Taman Bungkul. “Kami maturnuwun kepada jajaran DPW LDII Jawa Timur karena ini adalah hal kecil yang membawa banyak manfaat. Ke depannya, semoga LDII lebih bisa banyak membawa manfaat untuk masyarakat. Sebagai warga masyarakat kami amat sangat welcome dengan segala intervensi dari teman-teman DPW LDII Jatim,” kata Maria.

Ia juga memberikan testimoninya terkait peran serta warga LDII di wilayahnya. “Selama ini LDII di Wonokromo lumayan bisa berkolaborasi dengan stakeholder lain, dengan organisasi keagamaan lain. Itu menjadi potensi ke depannya lebih baik,” ucapnya.

Salah satu warga Surabaya yang menerima bibit tanaman, Diah memberikan tanggapannya. “Saya pecinta tanaman. Di rumah, saya juga mencoba melakukan pembibitan cabe karena dulu awalnya karena cabe mahal. Pertama berhasil, lalu saya coba lagi. Semoga dengan adanya pembagian 5.000 bibit ini bermanfaat, barokah. Yang pertama karena juga membantu emak-emak untuk pengiritan.  Yang kedua bikin kita jadi lebih sehat dan tempat kita jadi lebih hijau. Bagus, moga-moga diteruskan. Tidak hanya 5.000, tapi 10.000 atau 15.000 dan semua menyebar gak hanya di Surabaya,” ujarnya. 

Selain di Taman Bungkul, pada hari yang sama, kegiatan pembagian bibit tanaman juga dilakukan di wilayah Kecamatan Tandes. Pembagian bibit di Kecamatan Tandes dibantu oleh para pesilat cilik dari Persinas ASAD dan warga PC LDII Tandes. Pembagian bibit dilakukan bersamaan dengan kegiatan Jalan Sehat di Kecamatan Tandes yang dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Camat Tandes Febriadhitya Prajatara. Keduanya menyampaikan terima kasihnya atas bantuan bibit tanaman dari DPW LDII Jawa Timur. Selain itu, Wali Kota Surabaya juga berpesan agar warganya tetap guyub rukun. Apalagi menjelang tahun politik. “Surabaya ini dibangun dengan guyub rukun. Saya selalu mengatakan, di Surabaya ini harus selalu guyub rukun, gotong royong,” ujar Eri.

(Redho)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.