Iklan

Republiknews
Rabu, 09 Agustus 2023, Agustus 09, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-09T14:46:11Z
ManggaraiNTT

Wabup Ngabut Membuka Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Tingkat Dasar Angkatan I Kabupaten Manggarai

Wabup Ngabut Membuka Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Tingkat Dasar Angkatan I Kabupaten Manggarai (Foto: NM)

Republiknews.com
- Wakil Bupati, Hery Ngabut Membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Tingkat Dasar Angkatan I Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Tingkat Dasar Angkatan I ini diadakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai.


Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Dahlia, Kelurahan Pitak, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai pada Selasa 8 Agustus  2023.


Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Tingkat Dasar Angkatan I di buka langsung Wakil Bupati Manggarai Hery Ngabut.


Dalam sambutannya Wakil Bupati Manggarai, Hery Ngabut mengatakan Kemauan Praktik negara representasi melalu pemerintah kabupaten manggarai secara khusus melalui Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga.


Lanjut Wabup Ngabut, Ini merupakan skenario kompetensi peningkatan para guru kita secara khusus guru paud.


"Anak-anak itu dalam posisi nol maka pada level yang terbawa itu mulai dari PAUD anak-anak mulai dibentuk Etikanya, Attitude, keterampilannya dan bagian dari skenario supaya pertumbuhan anak-anak ini menjadikanya berkarakter" kata Wabup Ngabut.


Dikatakan Wabup Ngabut, Anak yang pintar dan anak-anak yang cerdas dipersiapkan pada usia dini. Hal ini supaya bisa beradaptasi dengan pendidikan pada jenjang yang lebih lanjut SD dan sampai perguruan tinggi.


Sementara itu, Wensislaus Sedan, Sekretaris Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai mengatakan pada tahun 2019 kita dilanda covid sehingga upaya pengembangan peningkatan kompetensi pendidik baik tingkat Paud sampe ke jenjang SMP tidak maksimal dilakukan.


Lanjut Sekdis Sedan, pada tahun 2023 ini kita sudah bebas dari covid 19 maka Pemda kabupaten manggarai melalu dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga begitu intens dengan upaya peningkatan kompetensi guru untuk mewujudkan visi bupati manggarai yakni Manggarai yang maju, berkeadilan dan berdaya saing.


Tentu kata Sedan, ini poin penting yang wajib dilakukan, karena mutu pendidikan itu sendiri sebetulnya ada pada kompetensi guru-guru.


Sesuai dengan nuansa saat ini Sedan mengungkapkan kurikulum merdeka dengan kemerdekaan yang diberikan kepada guru di harapkan ada ruang guru untuk berekreasi, berinovasi, berpikir kritis soal bagaimana mengembangkan pendidikan di kelas tapi tentu dalam konteks welding. 


"Maksudnya ada rasa kenyamanan didalam diri anak ada rasa kepemilikan dalam benak sehingga pembelajaran itu bukan lagi suatu pemaksaan. Jadi, pemahaman feodalis terhadap pembelajaran itu di minimalisir yang ada adalah anak-anak tentu dgn diinisiasi oleh para guru soal peningkatan kreativitas, peningkatan inovasi didalam diri anak itu menjadi hal penting pembelajaran yang dilakukan oleh para pendidik kita. Jadi guru disini hanya berperan sebagai fasilitator jadi menfasilitasi proses dinamika yang dilakukan dalam kelas." ucap Sedan.


Harapan kita terang Sedan, Kurikulum merdeka ini menjadi pelopor di tingkat kelompok kerja guru untuk dia melakukan diseminasi apa yg dia pelajari apa yg dia dapatkan dalam proses tingkat ini.dgn demikian upaya peningkatan kompetensi guru ini tidak hanya untuk 50 orang ini saja tetapi itu bisa menyebar dgn proses diseminasi yg mereka lakukan.


" Semua guru paud ataupun TK di kabupaten Manggarai ini punya kompetensi yg sama didalam menjembatani proses pembelajaran yg berkualitas untuk bisa mewujudkan yg namanya siswa yg merdeka, cerdas, berakhlak, memiliki kompetensi, mempunyai karakter yang baik, mempunyai jiwa kemandirian yang kuat" pinta Sedan.



Nestor Madi