GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Budaya Jawa Bernuansa Islam Hiasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2023 KKJ Bitung


Republiknews, Bitung
- Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 2023,   Kerukunan Keluarga Jawa (KKJ) kota Bitung, tampilkan budaya Jawa bernuansa Islami.


Pelaksanan Maulid Nabi Muhammad Saw, KKJ kota Bitung yang  mengambil tema "  Melalui Gema Sholawat KKJ Berkhidmat Menyatukan Umat Memajukan  Kota Bitung Hebat" kali ini dilaksanakan di Gedung yayasan Bustanul Ulum  kota Bitung . Selasa (26/09/23) 


Dalam sambutan singkatnya Ketua KKJ Bitung , Aras Sinaba  menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada Sesepuh Jawa dan seluruh kerukunan yang tergabung terutama Jamaah Yayasan Bustanul Ulum yang sudah memfasilitasi   seluruh kegiatan.


Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang di hadiri ratusan jamaah ini, mengundang pengisi tausiyah  Habib Umar Bin Taha Al Habsyi dari Jawa Barat. Dalam tausiyahnya Habib  mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk mencintai Nabi Muhamad Saw bukan hanya sekedar seremonial namun dengan bukti nyata melalui perbuatan, yaitu dengan mengikuti akhlak beliau didalam perilaku kehidupan sehari-hari.


" Cinta Rasullullah tidak perlu dalil tapi perlu bukti, Nabi Muhammad Saw ibarat pengantin timur dan barat yang maknanya menyatukan timur dan barat dengan mencontoh perilaku Nabi  Muhammad Saw yaitu perilaku yang baik atau Akhlakul Karimah." Terang Habib.


Habib Umar Al Habsyi juga menghimbau untuk tetap menjaga kerukunan 

dan tetap mempertahan kan budaya leluhur yang mencerminkan Budi luhur dalam kehidupan, sekalipun tinggal di rantau.


 "Ojo dadi wong jowo sing lali jawane atau ora njawani" ( Janganlah jadi orang Jawa yang lupa jawanya), atau njawani (memahami).


Untuk menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 2023 panitia juga memberikan door prize kepada tamu yang hadir.


Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan menjadi contoh untuk meneladani akhlak Rasulullah baik dari segi keilmuan maupun dari segi sunah-sunah yang harus dilakukan yang tercermin dengan akhlak, moral, dan memiliki budi pekerti yang luhur.


Turut hadir dalam peringatan Maulid Nabi Saw tersebut, Seluruh Sesepuh Jawa di Bitung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat ,Pemkot Bitung yang di wakili Kadis DLH, Seluruh Unsur Forkompinda kota Bitung, Kandepag Talaud Kepala MtsN Bitung dan Ormas.



( Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.