GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sulut Bawakan Materi Kebijakan Pengamanan Lapas/ Rutan


Bitung, Republiknews.com -
 Sebanyak 40 orang peserta Pelatihan Teknis Pelayanan Pengaduan dan Sidang Kode Etik Angkatan I mengikuti pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara. Selasa(17/10/23).


Materi Kebijakan Pengamanan Lapas/ Rutan disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut, Aris Munandar. 


Peserta pelatihan diingatkan untuk mengimplementasikan prinsip prinsip dasar Pemasyarakatan dengan berpegang teguh pada 3+1, " yakni 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back To Basics  serta  melakukan sejumlah pencegahan gangguan keamanan atas sejumlah isu aktual yang terjadi di lapas/rutan, mengingat saat ini berdasarkan data sada Ditjenpas Kementerian Hukum dan HAM kondisi kriminalitas di Indonesia tinggi ditandai adanya over kapasitas lapas dan rutan setara 77% melampaui kapasitasnya. "


Materi mengacu pada Undang-Undang No 22 Tahun 2022  Tentang Pemasyarakatan yang mengatur tentang SIstem Pemasyarakatan sebagai sistem perlakuan terhadap Tahanan, Anak, dan Warga Binaan yang dilaksanakan melalui fungsi Pemasyarakatan yang meliputi Pelayanan, Pembinaan, Pembimbingan Kemasyarakatan, Perawatan, Pengamanan dan Pengamatan yang menjunjung tinggi penghormatan, pelindungan dan pemenuhan HAM.  


Undang-undang ini menggantikan UU No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.  Sedangkan untuk Pelaksanaan Prinsip Dasar Pemasyarakatan (Back To Basic) didasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor PAS-38.0T.02.02 Tahun 2021. 

(Tzr)


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.