GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kominfo Terapkan Konsep Transformasi Digital dalam Media Center KTT AIS Forum 2023


Jakarta, Republiknews.com
- Selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum Tahun 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika menerapkan konsep transformasi digital dalam penyediaan fasilitas di Media Center untuk melayani jurnalis peliput.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menjelaskan penerapan konsep transformasi digital dalam media center pertemuan negara kepulauan dan negara pulau tersebut merupakan tugas dan fungsi Kementerian Kominfo.

“Media center yang kita bangun tentu saja sesuai dengan tugas dan fungsi Kominfo dalam transformasi digital. Karena itu, (fasilitas di Media Center KTT AIS Forum) semuanya serba digital,” jelasnya saat berada di Media Center KTT AIS Forum 2023 di Kawasan BNDCC, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (09/10/2023).

Dirjen Usman Kansong menyontohkan beberapa layanan berbasis digital seperti bahan materi siaran pers hingga akses WiFi yang menggunakan Kode QR Standar Indonesia (QRIS) atau barcode.  

“Kita siapkan juga (fasilitas analog) siapa tahu masih ada yang menginginkan press release dalam bentuk print, ada tempat fotocopy. Jadi kita siapkan semua, baik yang digital, manual ataupun analog,” jelasnya.

Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Media Center KTT AIS Forum 2023 memberikan kemudahan bagi jurnalis lain yang tidak berkesempatan meliput langsung di kawasan BNDCC Bali dengan menghadirkan virtual newsroom.

“Kita siapkan virtual newsroom dalam bentuk grup aplikasi pesan instan, kirimkan materi baik untuk wartawan asing maupun wartawan dalam negeri. Jadi transformasi digital arahnya ke sana semua. Nanti event-event selanjutnya mana yang bisa kita upgrade, bisa kita tingkatkan supaya transformasi digital itu betul-betul terimplementasi dalam media center dan komunikasi publik kita,” jelasnya.


Media Center KTT AIS Forum 2023 mulai beroperasi mulai hari Senin (09/10/2023) sampai Rabu (11/10/2023). Media center membuka layanan mulai pukul 08:00 sampai dengan 22.00 WITA setiap hari.


Reporter : Fahrudin


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.