GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Korem 061/SK Gelar Upacara Bendera Peringatan HUT TNI ke 78


Bogor, Republiknews.com
- Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 78 korem 061/sk menggelar upacara bendera yang dilaksanakan di Lapangan Tegar Beriman Pemkab Bogor, Kamis 5 Oktober 2023. Peringatan HUT TNI kali ini dipimpin oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Anan Nurakhman S.I.P.


Pada kesempatan tersebut Danrem 061/Sk menyampaikan amanat dari Panglima TNI. Dimana dalam amanatnya Panglima TNI mengatakan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, 

keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. 


Panglima juga mengatakan bahwa TNI tidak boleh terlena, karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan. Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia. Di lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh.


Peringatan HUT TNI kali ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.


Dalam waktu dekat Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum serentakpada tahun 2024. Oleh karena itu 

Menurutnya Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. 

Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.


TNI harus terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir. 

Memberdayakan industri pertahanan global dengan memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri, guna tercapainya postur TNI yang diharapkan. Selain itu, penguatan budaya strategis prajurit TNI harus tetap menjadi pagar serta fondasi utama dalam pertahanan, yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat.


Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima juga memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit untuk dipedomani.

Pertama, tingkatkan terus keimanan dan 

ketakwaan kepada Tuhan YME. Kedua pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI. Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional. Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada.


Peringatan HUT TNI ke 78 diakhiri dengan baik parade deville yang diikuti oleh seluruh peserta upacara serta acara panggung prajurit yang diisi oleh liburan artis ibukota.


Upacara peringatan HUT TNI ke 78 tahun 2023 ini, diikuti oleh  seluruh pejabat jajaran TNI-Polri dan Forkopimda Kabupaten dan Kota Bogor, diantaranya Den POM, Yon 14 Kopassus, Paskhas TNI AU, Yonif 315/Grd, Bais TNI, Pusdikzi, Pusdikintel, Korem 061/Sk, Kodim 0621,Balak Aju Korem 061,Brimob, Polres, PNS,Komcad, BPBD, satpol PP, Menwa dan Pramuka.


Sumber: Penrem 061/Sk

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.