GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kunjungan Menteri Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional di Desa Sedati Gede


Republiknews com  ,Sidoarjo - 

Sabtu,21 Oktober 2023

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN),di Sedati Gede Hadi Tjahjanto telah memberikan sertifikat tanah untuk warga Sidoarjo, Jawa Timur. Sertfikat itu diberikan Hadi. Jumat, (20/10/ 2023). 


Untuk diketahui, bahwa dengan hadirnya Hadi Tjahjanto itu demi mempermudah warga Sidoarjo untuk memastikan proses penyertifikatan tanah berjalan lancar.


Hadi menyebut total ada 200 sertifikat yang telah diberikan berdasarkan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sebanyak 20 sertifikat itupun diberikan secara langsung oleh mantan Panglima TNI atau door to door.


"Kita serahkan Sertifikat Hak Milik sebanyak 20 sertifikat di 10 titik Desa Sedati Gede, Kecamatan Sedati. Dari total di Kabupaten Sidoarjo sendiri, estimasi jumlah bidang tanahnya 864 ribu dan sudah terdaftar sebanyak 708 ribu. Jadi sudah 82 persen kurang lebih, hingga secara umum Kabupaten Sidoarjo kurang 18 persen," ujar Hadi.


Selanjutnya, kata dia, sertifikat tanah ini diberikan sebagai bentuk kepastian hukum hak atas tanah terhadap tempat tinggal milik masyarakat Desa Sedati Gede, Sidoarjo. Sertifikat juga menjadi instrumen yang bisa meminimalisir risiko terjadinya konflik pertanahan.


“Saya targetkan sebelum 2024 ini sudah selesai, Sidoarjo menjadi kota lengkap, seluruh tanah di Sidoarjo sudah terdaftar. Kalau semua sudah terdaftar dampak ekonominya apa? Kalau kita lihat dari pembagian sertifikat ini, oleh masyarakat juga digunakan untuk usaha-usaha, yaitu dengan di Hak Tanggungkan. Sehingga, nilai pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan di Sidoarjo sebanyak Rp597 miliar. Ini kan nilai positif, apalagi nanti telah 100 persen tersertifikat, maka secara langsung akan menaikkan pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

(AHF)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.