GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pertempuran Sepanjang Jalan di Parade Kawasaran FPSL 2023 Bitung


Republiknews, Bitung-
Ratusan peserta parade

 Kawasaran memadati jalanan kota Bitung di hari ke - 4 FPSL 2023. Minggu (8/10/23)


Terpantau ratusan peserta Budaya Minahasa Kawasaran beranjak dari lapangan kantor walikota Bitung dan melakukan atraksi pertempuran di sepanjang jalan menuju area panggung FPSL di Pasar Cita atau BCC.


Budaya tarian Kawasaran sendiri mengartikan pertempuran para pejuang  Minahasa yang berhasil mengalahkan musuhnya dengan pemimpinya yang dikenal dengan istilah " Tonaas"


Terpantau sejumlah tetua  Tonaas turut ambil bagian dalam parade budaya Minahasa tersebut diantaranya, Tonaas Tountenboan Hengky Tumangkeng, 

Tonaas Tolour Jemmy Ringkuangan,Tonaas Tounsea Fabian Kaloh, Tonaas Bantik Ferdy Moniaga,Tonaas Pasan Ratela dan salah satu Tonaas perempuan yaitu Tonaas Grace Watung yang diikuti oleh para Pakasaan.


Tonaas Grace Watung memberikan penjelasan, Parade atau Carnival ini merupakan langkah budaya yang harus disampaikan kepada anak dan cucu kalau budaya kita masih ada dan cukup kental di Kota Bitung.


''ini merupakan satu gebrakan budaya yang harus

diketahui anak cucu agar bisa terus terjaga dan perlu dilestarikan," ujar Watung.


Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Carnaval Budaya Minahasa, Jemmy Ringkuangan saat dikonfirmasi mengatakan, jika kegiatan ini diprakarsai oleh Majelis kebudayaan Minahasa Wanua Bitung.


"Ada acara puncak pada kegiatan ini adalah Peanugrahan Tonaas Wangko Wanua Bitung kepada Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri dan ini adalah harapan dari kami para Tonaas di Bitung," ungkap Ringkuangan. (* Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.