GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Petani Cilik Meriahkan Maulid Nabi di Sidoarjo


Republiknews  ,Sidoarjo.

Minggu , 01Oktober 2023.

Peserta petani cilik di Ribuan siswa Taman Kanak-kanak (TK) se-Sidoarjo memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Lucunya, para peserta 3.600 anak itu mengenakan kostum petani cilik.


Acara bertema Kirab Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW dan Gebyar Petani Cilik TK/RA Muslimat NU itu digelar di GOR Sidoarjo. Dihadiri oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan jajarannya.


Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo, mengajak pendidik anak usia dini yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) dan Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU se-Kabupaten Sidoarjo untuk meneladani sifat-sifat nabi kepada anak didiknya.


"Marilah kita isi kegiatan maulid nabi ini dengan hal-hal yang baik, yaitu dengan cara mengajak anak-anak usia dini meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW," ucapnya, Sabtu, 30 September 2023.


Gus Muhdlor lantas mengenalkan keteladanan Rasulullah kepada anak-anak mulai sejak dini agar perilaku tersebut terbawa hingga usia remaja dan sampai tua.


"Kenalkan empat sifat nabi kepada anak-anak kita diantaranya shiddiq (jujur), tabligh (menyampaikan), amanah (dapat dipercaya), dan fathonah (cerdas). Empat sifat ini harus dikenalkan sejak dini ini tugas kita (pendidik dan orang tua) semua," jelasnya.


Ia juga berpesan kepada pendidik untuk terus menciptakan generasi dengan akhlak yang baik, bukan hanya mengejar kecerdasan akademik, namun juga kecerdasan emosional (EQ).


"Saya yakin di tangan panjenengan (pendidik) lah generasi-generasi yang cemerlang dan berakhlakul karimah akan muncul," ucapnya.


Sementara itu, Ketua PC Muslimat Sidoarjo Hj. Ainun Jariyah menyampaikan bahwa Kirab Akbar Peringatan Nabi Muhammad SAW dan Gebyar Petani Cilik ini merupakan implementasi dari P5RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatallil Alamin).


"Melalui Gebyar Petani Cilik ini anak-anak di dikenalkan dengan pertahanan ekonomi melalui UMKM dan melalui ekonomi pertanian sebagai penahan atau penguat pangan yang ada di Kabupaten Sidoarjo," ungkapnya.


Selain dihadiri Bupati Sidoarjo juga ada Kepala Kantor Kemenag H. Arwani, MHI, Kepala Dinas P3AKB Heny Kristiani, dan Ketua PC Muslimat NU Sidoarjo Hj Ainun Jariyah.


Acara yang mengusung tema "Berkah Maulid Nabi Muhammad SAW, Indonesia Subur, Petani Makmur Sejahtera" ini diikuti oleh 3.600 anak TK/RA Muslimat NU se-Kabupaten Sidoarjo.

(AHF)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.