GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Sinergi Polres Magetan Bersama Instansi Terkait Serta Relawan, Atasi Kebakaran di Gunung Lawu


Magetan, Republiknews.com
- Polres Magetan bersama TNI, Perum Perhutani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Relawan Paguyuban Giri Lawu,  hingga unsur masyarakat upayakan mengatasi kebakaran yang melanda Gunung Lawu khususnya wilayah Kabupaten Magetan.


Upaya pemadaman pun membuahkan hasil positif. Pada Selasa (03/09) pagi, tercatat masih terdapat 7 titik api di petak 51 A, 51 B-1, 52 B, 52 A, 53 A, 63, 73/1, dan 73/2. 


Lalu pada pukul 14.00 siang, kebakaran Gunung Lawu wilayah Magetan menyisakan 1 titik api, tepatnya pada petak 51 A (Desa Jabung). Kemudian dalam rentang waktu 2 jam kemudian api pun berhasil dipadamkan.


“Tadi pengecekan terakhir ke lokasi dan melalui radio untuk kondisi petak 51 A titik apinya sudah padam,” ungkap Kapolres Magetan, AKBP Muhammad Ridwan, saat meninjau Posko Ngiliran Panekan.


Kapolres mengatakan, petugas gabungan di lapangan telah berupaya memadamkan api secara manual berupa gropyokan atau memukul-mukulkan ranting pohon, 

dan per hari ini telah berhasil membuat "ilaran" (jalur bersih untuk menghambat perambatan api) sepanjang kurang lebih 6.769 m.


Pihaknya juga memastikan para petugas di lapangan meliputi personil gabungan masih akan terus berjaga di sekitar "ilaran".


“Kami akan terus memantau Petak 51 A karena namanya bekas dari bara api ketika terkena angin itu bisa menyala lagi sehingga personil di lapangan tetap ada yang stand by disana,” terangnya.


Kapolres menyebut, petugas juga akan dikerahkan di petak 50 D, yang mana berdekatan dengan petak 42 A atau titik api di wilayah sektor Ngawi.


Ia menjelaskan, jarak antara titik api di Ngawi dengan ilaran Magetan diperkirakan sejauh 600-700 meter. Sekitar 80 orang akan berjaga dan memonitor dari lokasi ilaran tersebut sebagai langkah antisipasi bila terjadi rambatan api.


“Titik api dengan ilaran yang sudah dibuat masih relatif jauh, sehingga pemantauan terkait dengan pengamanan tidak terlalu berat. Namun personil yang stand by akan selalu siap 24 jam manakala api merambat menuju ilaran. Tapi mudah-mudahan api di petak 42 A tidak sampai merambat ke ilaran menuju ke Magetan,” pungkas Kapolres.  (Hum/ Va)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.