Banjir di Pusat Kota Bitung Sisakan Endapan Lumpur Dampak Pembangunan Jalan Tol -->

Banjir di Pusat Kota Bitung Sisakan Endapan Lumpur Dampak Pembangunan Jalan Tol

Selasa, 10 Desember 2019, Desember 10, 2019
Foto endapan lumpur usai diguyur hujan, di salah satu sudut Pusat Kota Bitung. Selasa(10-12-2019).

Bitung, Republiknews.com- 
Musim penghujan mulai tiba diwilayah Indonesia , tak berbeda dengan daerah lain wilayah Sulawesi  utara khususnya di Kota Bitung, namun ada pemandangan yang kurang enak dimusim penghujan kali ini , banyak endapan lumpur disebagian jalan di Bitung.

Pasalnya setelah ada proyek Tol Manado -Bitung, dampak dari proyek tersebut baru dirasakan oleh warga  Bitung setelah musim penghujan datang.

Banjir  yang membawa lumpur   kemudian mengendap  disebagian jalanan Bitung hingga masuk juga di komplek perumahan warga ,hingga menyebabkan kerusakan bagi perabotan dan peralatan rumah tangga lainnya.

Prihatin dengan hal itu, warga Kecamatan Aertembaga, Serdy Kakauhe mengatakan " Apalagi Jika curah hujan terus menerus setiap hari dan membawa sejumlah material ke pusat kota bitung, akan menjadi pemandangan yg tidak nyaman lagi." ujarnya.

Serdy juga berharap  pihak yang terkait juga memperhatikan korban banjir , apalagi karena dampak pembangunan jalan Tol semakin memperparah keadaan.

Dirinya menilai, hal ini harus disikapi lagi oleh pihak yang terkait, termasuk peran serta masyarakat secara langsung." Jangan sampai masyarakat yang wilayahnya kena dampak banjir hanya sebagai lahan untuk memcari simpati para kandidat pemimpin di Kota Bitung ,mengingat ajang Pilwako tidak lama lagi..."terang pemuda yang dikenal vokal tersebut.

Menurutnya, meski setiap hari aparat kelurahan beserta pihak terkait diterjunkan utk membersihkan material, tidak bisa menuntaskan dengan segera karena membutuhkan waktu mengingat hujan masih akan turun.

Maka dari itu, " wakil rakyat harus menyikapi persoalan ini dengan memanggil kontraktor jalan tol untuk duduk bersama dalam rangka mengatasi dampak dari pembangunan jalan tol yang dialami oleh masyarakat Bitung."( Suryo) 

TerPopuler