Jelang Ibadah Natal, Polda Maluku Akan Sterilisasi Gereja -->

Jelang Ibadah Natal, Polda Maluku Akan Sterilisasi Gereja

Rabu, 23 Desember 2020, Desember 23, 2020


Republiknews.com – AMBON, Menjelang pelaksanaan Ibadah Natal, Kepolisian Daerah Maluku akan melakukan sterilisasi sejumlah gereja, tempat ibadah umat Nasrani di Kota Ambon.


Sterilisasi tempat-tempat ibadah ini disampaikan Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si, saat menerima kunjungan silaturahmi dari redaksi Info Maluku, salah satu media lokal.


Kunjungan silaturahmi tersebut berlangsung di ruang kerja Kapolda, Markas Komando Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (24/12/2020). Kapolda didampingi Irwasda Maluku Kombes Pol Drs. Raden Heru Prakoso dan Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Drs. M. Rum Ohoirat.


“Saat ini pihak Kepolisian sedang melaksanakan pengamanan yang dinamakan Operasi Lilin Siwalima 2020 – 2021,” kata Refdi Andri.


Operasi Lilin, lanjut Orang nomor 1 Polda Maluku ini, bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, serta sejumlah pihak terkait lainnya.


“Dalam operasi ini kami akan melakukan sterilisasi di tempat-tempat ibadah,” kata Refdi.


Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan tempat cuci tangan dan menghimbau masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker, dan selalu menjaga jarak.


“Kami juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di dalam gereja,” terangnya.


Kapolda mengatakan para tokoh agama  sudah sepakat mengurangi jumlah jemaat dalam pelaksaan ibadah Natal dan Tahun Baru nanti.


Selain itu, juga tidak ada pawai, pesta kembang api, open house atau berbagai kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.


“Ini sudah menjadi komitmen dari Pemerintahan Daerah dan para tokoh tokoh agama,” imbuhnya.


Mantan Kakor Lantas Polri ini juga mengaku pihaknya melaksanakan pengamanan ekstra di pelabuhan, bandara, dan tempat keramaian.


“Kita melaksanakan pengamanan ekstra kepada masyarakat, tempat-tempat rekreasi itulah menjadi target operasi Kita,” ujarnya.


Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintahan Daerah karna sudah mendukung tugas kepolisian dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).


“Harapan saya kepada rekan-rekan yang media agar dapat menginfokan kepada seluruh masyarakat, agar selalu menjaga Kamtibmas dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru,” harapnya.


Sementara itu, redaksi Info Maluku, Yusril Yusuf, Muhamad Makatita dan Wahyu  Swandy, menyampaikan terimah kasih kepada Kapolda yang telah menerima kedatangan pihaknya.


“Maksud dan tujuan kita saat ini selain silaturahmi, juga ingin mempererat hubungan kerjasama. Kami mengucapkan terima kasih karena dalam pelaksanaan Pilkada bisa berjalan aman dan lancar. Semoga Natal dan Tahun Baru pun demikian,” harap mereka. (-Red)

TerPopuler