GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Potret Toleransi dan Kerukunan Indonesia dalam Buku “ Indonesia in Diversity “ di Mata Pavol Demes



Republiknews.com - Bratislava, Slowakia. Menteri Luar Negeri Slovakia tahun 1992-1992, Pavol Demes telah luncurkan bukunya berjudul “Indonesia: Unity in Diversity" di KBRI Bratislava (18/12/2020). Buku tersebut berisi potret toleransi dan kerukunan kehidupan beragama serta dialog antar kepercayaan di Indonesia yang ia saksikan saat kunjungannya ke Indonesia pada 12-21 April 2018.


Dubes RI untk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pavol Demes atas upayanya memperkenalkan kehidupan beragama di Indonesia yang harmonis dan penuh toleransi kepada masyarakat Slowakia. 


Mulai dari kegiatan pameran foto, photo lecture di berbagai kota Slowakia dan universitas. Diharapkan melalui serangkaian kegiatan tersebut, masyarakat Slowakia dapat lebih mengerti dan memahami Indonesia dengan nilai-nilai luhur yang dianut dan akan membawa hubungan kedua negara yang lebih dekat.


Pavol Demes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KBRI Bratislava, Kementerian Agama RI dan Kementerian Luar Negeri yang telah memberikan kesempatan untuk melihat secara langsung kehidupan sosial dan kehidupan antar umat beragama di Indonesia. 


Kunjungannya ke Indonesia telah merubah sudut pandangnya sebagai orang Eropa atas Islam dan negara berpenduduk muslim terbesar. Ia sangat kagum dengan pencetus Pancasila, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika karena dapat mempersatukan Indonesia yang sangat beragam. 


Ia berharap buku ini dapat berkontribusi dalam pemahaman mengenai kehidupan sosial Indonesia yang unik, sekaligus juga dalam diskusi mengenai kehidupan antar agama dan peran agama dalam kehidupan modern.


Acara peluncuran dilakukan bersamaan dengan perayaan Natal di KBRI Bratislava yang dilakukan secara terbatas karena memperhatikan aturan pemerintah Slowakia terkait pandemi COVID-19 yang belum usai. Sumber kbri – (T.L)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.