Gempa M7'1 di Sulawesi Utara tidak Berpotensi Tsunami -->

Gempa M7'1 di Sulawesi Utara tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 21 Januari 2021, Januari 21, 2021


Republiknews ,Bitung. Getaran gempa bumi tektonik  magnitudo 7,1 dilaut Filipina  dirasakan wilayah Sulawesi Utara.Kamis (21/01/2021).


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=7,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 119 km. 


Dalam rilisnya Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, BAMBANG SETIYO PRAYITNO, M.Si menyampaikan , guncangan gempa dirasakan sebagian wilayah  diantaranya ,daerah Melonguane, Tahuna, Ondong IV MMI , Manado, Bitung III MMI ,  Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI , Bolaang Uki II MMI ,Ternate, Sofifi, Halmahera Tengah I-II MMI .


Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. 


Dihimbau masyarakat tidak panik  serta tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak bertanggung jawab.


Mengenai informasi ,pastikan hanya bersumber dari BMKG.

Yang akan disebarluaskan melalui  " Kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.sumberer informasi Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG . (Suryo)

TerPopuler