GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Serangkaian Kegiatan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Di Singapura


Republiknews.com - Singapura, KBRI Singapura peringati Hari Pendidikan Nasional melalui serangkaian kegiatan dengan tujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi para  peserta untuk terus mengembangkan diri melalui pendidikan sepanjang dan meningkatkan kualitas diri serta memperkuat  tali pengikat hubungan Indonesia – Singapura (02/05/2021). Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID 19, maka penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dan memanfaatkan teknologi. 


Kegiatan yang melibatkan warga negara asing (bukan WNI) di Singapura sekaligus juga menjadi bagian dari promosi budaya dan bahasa Indonesia, yaitu lomba membuat vlog berbahasa Indonesia tentang kebudayaan Indonesia. Lomba vlog ini dibagi dalam 2 kategori yaitu usia 18 tahun sd 30 tahun dan kategori anak-anak yaitu usia 7 tahun sd 17 tahun. Jumlah peserta lomba vlog menunjukan animo masyarakat Singapura terhadap budaya dan bahasa Indonesia semakin meningkat.


Kegiatan lainnya adalah menulis adalah lomba menulis bagi para pelajar Paket B dan Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KBRI Singapura. Para pelajar Paket B dan Paket C semuanya adalah Pekerja Migran Indonesia dan mempunyai semangat belajar yang luar biasa dengan keterbatasan yang mereka miliki dan di antara waktu bekerja mereka sebagai Penata Laksana Rumah Tangga. Semangat belajar yang mereka miliki ini sejalan dengan semangat Merdeka Belajar dan  bahwa pendidikan untuk melahirkan insan yang berbudaya ( Ki Hadjar Dewantara, 1938). Lomba menulis dengan tema  “Kenangan Indah semasa Sekolah di Indonesia" sangat mengundang minat para pelajar Paket B dan Paket C untuk mengekspresikan kenangannya melalui tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Banyak di antara tulisan yang terkumpul menunjukan kualitas kemampuan menulis yang luar biasa.


Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021, juga diselenggarkan beberapa workshop yang bertujuan untuk memberikan motivasi, inspirasi dan meningkatkan pontensi/kemampuan pelajar Indonesia di Singapura termasuk guru-guru Sekolah Indonesia Singapura, dengan menghadirkan nara sumber yang inspiratif seperti Boris Syaifullah – Presiden Direktur dan CEO PT BorSya Cipta Comunica- seorang mantan PMI di Korea, dan Ibu Nurchaeti President Direktur CV NN International – pengembang usaha laundry dan eksportir kripik ke Timur Tengah, Eropa dan Asia serta  - seorang mantan PMI Singapura dan Malaysia.


Sebagai puncak acara dari serangkaian kegiatan peringatan Hardiknas di Singapura adalah  upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Sekolah Indonesia Singapura secara tatap : Sumber Kemenlu. (T.L)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.