Iklan

Iklan

,

Iklan


Tegas...! "Imunisasi Rutin Terabaikan Saat Covid" Pemkot Bitung Akan Sweping Warganya

Republiknews
Rabu, 18 Mei 2022, Mei 18, 2022 WIB Last Updated 2022-05-18T09:27:21Z


Republiknews, Bitung - Pimpinan Pemkot Bitung, pasangan Walikota Maurits - Hengky mengeluarkan surat edaran nomer; 008/321/WK tentang Pelaksanaan Bulan Imunisasi Nasional tahun 2022 di Kota Bitung. 


Surat edaran tersebut menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor:440/2882/Bangda tanggal 25 April 2022 tentang Pelaksanaan Bulan Imunisasi Nasional.


Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi Campak dan Rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2023 dan diharapkan juga dapat mempertahankan status bebas Polio dan mewujudkan dunia bebas polio pada tahun 2026.


Adanya  pandemi COVID-19 pelaksanaan imunisasi rutin tidak berjalan optimal, mengakibatkan mulai timbulnya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan lmunisasi (PD31) di beberapa daerah.


Berkenaan dengan hal tersebut maka diminta kepada seluruh OPD, ASN, THL dan masyarakat, untuk mendukung pelaksanaan operasional Bulan lmunisasi Anak Nasional di wilayahnya masing-masing, untuk pemberian imunisasi tambahan melalui pelaksanaan Bulan lmunisasi Anak Nasional. (BIAN) Tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada 18 Mei hingga 29 Juni tahun 2022 di Kota Bitung.


Pemkot Bitung mengintruksikan, kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan seluruh sekolah dari tingkat PAUD sampai SMP dengan memasang spanduk serta menyiapkan data sasaran anak umur 5 tahun sampai <12 tahun sebagai data sasaran pelaksanaan Bulan lmunisasi Anak Nasional Tahun 2022.


Kantor Kemenag Kota Bitung, dengan mensosialisasikan dari tingkat Raudhatul Athfal, Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah disekolahnya masing-masing.


 Sementara  Dinas Komunikasi dan lnformatika, agar berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mendapat bahan Komunikasi, lnformasi dan Edukasi Bulan lmunisasi Anak Nasional Tahun 2022.


Tak ketinggalan Tim Penggerak PKK Kota Bitung mensosialisasikan Bulan lmunisasi Anak Nasional Tahun 2022 kepada TP­ PKK Kecamatan, PKK Kelurahan dan Kader Kesehatan tentang pelaksanaan Bulan lmunisasi Anak Nasional Tahun 2022.


Dengan membantu pelaksanaan posyandu di setiap kelurahan untuk memfokuskan kegiatannya.


Adapun Camat dan Lurah se-Kota Bitung, Mengkoordinasikan seluruh perangkat yang ada di kelurahan yaitu petugas kesehatan (bidan/perawat kelurahan), Kepala Lingkungan, RT dan Satgas COVID-19 Kelurahan untuk memobilisasi masyarakat yang menjadi sasaran Bulan lmunisasi Anak Nasional Tahun 2022 .


Dengan melakukan sweeping ke rumah-rumah jika pada minggu akhir pelaksanaan Bulan lmunisasi Anak Nasional masih belum mencapai target 95%.  (*/Suryo)

Iklan