Iklan

Iklan

,

Iklan

Pengurus KJJT Gresik Resmi di Lantik

Republiknews
Jumat, 14 Oktober 2022, Oktober 14, 2022 WIB Last Updated 2022-10-14T05:49:54Z


Republiknews.com, Gresik - Susunan Kepengurusan Organisasi Pers yang bernama Komunitas Jurnalis Jawa Timuran (KJJT) untuk wilayah Kabupaten Gresik, hari ini diresmikan langsung oleh Ketua Umum Ade S Maulana, Kamis (13/10/2022) siang.


Komunitas wartawan yang memfokuskan diri dalam pendidikan Jurnalistik ini, memilih Muhammad Amin Sebagai Ketua, Chandra F sebagai Wakilnya, Irvan M.R Seketaris dan Muhammad Sudasir sebagai bendaharanya.


Sebelum peresmian, pengurus dan anggota KJJT Gresik melaksanakan Ziarah ke Makam Maulana Malik Ibrahim terlebih dahulu, dilanjutkan ke Makam Bupati pertama Gresik Kiai Tumenggung Poesponegoro, berakhir di Makam Sunan Giri.


Hal ini dilakukan sebagai bentuk implementasi budaya ke-timuran yang mengedepankan adab yaitu sowan kepada Waliyullah dan sesepuh sebelum mendirikan sesuatu agar hasilnya menjadi baik.


Agenda berlanjut Doa bersama dan pemotongan Nasi Tumpeng di Kantor Seketariat KJJT Gresik di Jalan Sindujoyo No. 64 Gresik dihadiri seluruh anggota dan perwakilan dari Pengurus KJJT Pusat.


Ade menambahkan, dihadapan anggota dan pengurus KJJT wilayah Kabupaten Gresik berharap, dengan resminya kepengurusan ini, ketua terpilih semoga dapat menaungi dan mengedukasi anggota/wartawan yang benar-benar ingin menjalankan profesinya dengan baik.


"Semoga KJJT Kabupaten Gresik bisa menjadi wadah untuk rekan-rekan jurnalis yang ingin belajar dan mengasah keilmuannya dibidang jurnalistik," kata Ade.


Selama beberapa bulan ini, kata Ade. KJJT juga memperhatikan anggota yang berprestasi, mulai dari suport dan dukungan lainya. Selain itu, mempermudah anggota dan memfasilitasi kebutuhan anggota khususnya ilmu ke jurnalistikan.


"Guru pembimbing KJJT akan menjadi pendamping kita, mereka adalah wartawan-wartawan senior yang peduli akan regenerasi jurnalis. Meski KJJT masih seumur jagung, KJJT sudah banyak memberikan hadiah-hadiah berupa alat bantu kerja jurnalis khusus anggota yang berprestasi." Terang Ade.


Lebih lanjut Ade, mulai dari Laptop, handphone dan suport lainya. Daftar nama anggota yang telah mendapat hadiah yang terpilih dan dinilai berprestasi dalam membuat karya tulis hingga tanya jawab.


Rekan jurnalis Ridwan dari media liputan Indonesia, Mas Bintang dari media cetak memorandum, dan Ari dari media Surya Nenggala yang memiliki dedikasi untuk merasa memiliki KJJT.


"Ketiganya masing-masing mendapat satu unit handphone untuk alat kerja liputan. Pentingnya untuk saling support antar sesama profesi jurnalis, jaga Solidaritas bukan malah saling mengkerdilkan," ujar Ade (13/10/2022).


Ketua KJJT Gresik Muhammad Amin yang merupakan Reporter dari JTV menuturkan,  Pasca pengukuhan, KJJT ini bisa menjadi wadah jurnalis yang ada di Gresik untuk belajar dan menjalankan kode etik sesuai UU PERS.


"Di KJJT ini kita sama-sama belajar jurnalistik. Membahas terkait penulisan, temuan informasi di lapangan dan diskusi untuk mencari solusi dan lain sebagainya yang arahnya untuk kebaikan bersama," tutur Amin.


Dalam Pengukuhan pengurus dan Peresmian Seketariat KJJT Gresik ini, Ketum KJJT Ade S Maulana melalui Ketua KJJT Gresik Muhammad Amin juga menyerahkan hadiah sebuah HP kepada anggotanya Ari wartawati dari media Surya Nenggala yang memenangkan lomba tanya jawab tentang dunia jurnalistik.


Adv 1



Adv ll

Adv lll