GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

BUDAYA BAMETI YANG MASIH DIANGGAP SAMPAI SAAT INI DI PASIR PUTIH DUSUN PATINIA NEGERI KAWA

 


Republiknews.com, SBB - Maluku  Memiliki luas wilayah perairan,  bertaburan  pulau-pulau  yang karakteristik budaya masing masing. Salah satu Dusun yang berdiam di Negeri Kawa kabupaten Seram Bagian Barat. Masyarakat Patinia pencaharian yang sangat dianggap yaitu nelayan.


 Masyarakat memanfaatkan daerah pesisir untuk mencukupi kehidupan mereka. Ada salah satu aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat pesisir yaitu bameti. 


Bameti adalah kegiatan memungut kerang-kerangan (gleaning shellfish)  dan udang saat  air  laut  surut  “meti”  dan  pada  saat  bulan  gelap. 


 Tradisi  ini  cukup  terkenal pada masyarakat pesisir. Bameti dalam bahasa Buano “Auna”.


Auna merupakan  Bahasa Daerah dari Negeri Buano yang  Selalu dipakai oleh masyarakat Patinea, Karena masyarakat Patinea 99%Berasal dari Negeri Buano sehingga Bahasa Daerah Negeri Buano sampai saat inipun  tidak dilupakan.


Bameti merupakan tradisi kuno perikanan tangkap yang hanya menggunakan tangkapan tangan (hand capture) yang masih dipraktekkan  hingga  waktu  sekarang  ini.  


Tradisi  yang  hadir  dalam  beradaptasi  dengan karakteristik wilayah pesisir yang memiliki kontur batimetri yang datar menjorok ke laut, awalnya  dilakukan ketika masyarakat belum mengenal alat tangkap ikan.


Tradisi ini tidak membutuhkan keahlian khusus, serta peralatan penangkapan. Biasanya bameti hanya dilakukan masyarakat untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, atau dalam artian bukan mata pencaharian utama seperti nelayan yang keseluruhan hidupnya tergantung pada hasil  laut. 


 Bameti  lebih  pada  aktivitas  bersama  keluarga  di  waktu  luang,  serta  waktu masyarakat  kampung  di  lokasi  yang  sama.  


Terkadang,  bameti  dilakukan masyarakat untuk bersantai bersama keluarga Besar, dimana hasil tangkapan akan dimasak, serta dikonsumsi di pinggir pantai.


Amin Rais



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.