Iklan

Iklan

,

Iklan

SOSIALISASI TV DIGITAL 2022

Republiknews
Rabu, 23 November 2022, November 23, 2022 WIB Last Updated 2022-11-23T07:12:27Z


Oleh : Mahasiswa KKN Universitas Pattimura Negeri Hative Besar 

Tema “ HADIRKAN SIARAN TELEVISI BERKUALITAS DENGAN ANALOG SWITCH-OFF (ASO) “


Republiknews.com, Ambon - Kegiatan sosialisasi Tv Digital 2022 berlangsung di Aula Kantor Negeri Hative Besar Kecamatan Teluk Ambon Kabupaten Kota Ambon,Selasa 22 November 2022.


Kegiatan Tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika, Dinas Kominfo Provinsi Maluku Bpk John A Rumlawang, .Sos, M.Si sebagai Pemateri yang dihadirkan oleh Mahasiswa KKN Universitas Pattimura Negeri Hative Besar.


Dalam Paparan Materinya: Keuntunganiaran televisi analog ke digital atau disebut Analog switch off bisa menghemat pita frekuensi hingga 112MHz. 


Ketersediaan frekuensi setelah migrasi siaran dari televisi analog ke digital juga akan berdampak pada persiapan adopsi jaringan 5G di Indonesia. Masyarakat bisa mendapatkan jaringan internet yang sangat cepat dengan 5G.


Melalui TV digital, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih.


Tak hanya itu saja, pilihan saluran televisi yang bisa dinikmati juga tersedia lebih banyak. Masyarakat bisa menikmati manfaat tersebut secara gratis, karena proses digitalisasi penyiaran ini dilakukan pada penyiaran tetap tidak berbayar (free to air/FTA).


Kelebihan Siaran televisi digital, menurut Oktariza dkk (2015), adalah:

Kualitas siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan (interferensi, suara dan/atau gambar rusak, berbayang, dsb).

Memungkinkan siaran dengan resolusi HDTV secara lebih efisien.

Kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pemakaian kanal frekuensi yang lebih efisien.

Kemampuan transmisi audio, video, serta data sekaligus.


(Amin Rais)

Adv 1



Adv ll

Adv lll