GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pentingnya Pemahaman Pengelolaan Sampah Ardian Saputra, Katakan: "Jangan Buang Sampah Sembarangan"


Lampung Utara - Republik News,

Penting untuk memahami, bagaimana mengelola sampah secara bijak. Dan, dengan itu akan menekan dampak yang ditimbulkan akibat dari sampah yang dihasilkan masyarakat.


"Jangan Buang Sampah Sembarangan" ujar Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, saat meninjau  Pasar Tradisional Semuli Jaya, Kecamatan Abung Semuli, Rabu, (14/12/2022).


Pantauan di lapangan, kondisi  Pasar Semuli Jaya, dalam kondisi kurang dirawat dan tokonya banyak mengalami kerusakan di beberapa bagian plafon.


Selain itu, aroma yang tidak menyenangkan dari tumpukan sampah warga maupun pedagang di belakang pasar menebar ke udara. Bukan sebatas aroma, tumpukan sampah itu, juga telah  menutupi bahu jalan sehingga mengganggu aktivitas masyarakat yang melintas.  


Mensikapi ini, Wabup Lampura, Ardian Saputra, telah mengintruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membersihkan tumpukan sampah. 


"Saya meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena itu bukan lokasi tempat pembuangan sampah. Khususnya di areal akses jalan penghubung" ujarnya. 


Dia kembali menuturkan, dalam waktu dekat pihak DLH akan membersihkan tumbukan sampah tersebut sehingga Pasar Semuli Jaya  terlihat lebih bersih.


"Ke depan, pihaknya akan menyiapkan armada pengangkut sampah. Dengan itu, masyarakat dapat lebih menjaga kebersihan di lingkungan pasar. Sehingga, aktifitas transaksi perdagangan dapat lebih nyaman" kata dia. 


Sementara,  Kepala DLH Lampura, Tomi Suciadi, menyampaikan bahwa pihaknya akan menurunkan armada dan bergotong- royong dengan warga sekitar untuk membersihkan tumpukan sampah. Selain itu, warga tidak perlu membuang sampah sembarang tempat. 


"Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama" kata dia. 


Kepala Desa Semuli Jaya, Leni, menuturkan dampak dari tumpukan sampah, kondisi pasar jadi terkesan kumuh dan berbau amis. 


"Kami berharap dengan bantuan armada pengangkut sampah, jadi solusi bagi warga setempat. Selain itu, penting juga untuk menyampaikan pemahaman dalam mengelola sampah secara bijak" tuturnya.

(Rasyid)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.