GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

SMP St. Klaus Kuwu Gelar Kegiatan Penguatan Profil Palajar Pancasila


Manggarai,Republiknews.com- Sekertaris Dinas PPO Kabupaten Manggarai, Wensislaus Sedan  dan Jajarannya melakukan kunjungan ke SMP Santu Klaus Kuwu, Desa Poco Likang, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.NTT, Jumat,16 Desember 2022.


Adapun tujuan dari kunjungan ini yaitu untuk memantau langsung kegiatan Peserta Festifal Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gaya Hidup Berkelanjutan dan pengelolaan sampah yang di peragakan oleh siswa/siswi St.Klaus-Kuwu.


Tiba di sekolah itu, Sekdis PPO dan rombongan disambut secara adat "Tuak Kapu Manuk Curu" Oleh Kepala Sekolah SMP Santu Klaus Kuwu, guru-guru serta pengawas Pembina. 


Kepala Sekolah SMP St. Klaus Kuwu, Marius Karang S.Fil, dalam sambutanya mengatakan rasa syukur atas terselenggaranya Kegiatan ini.


 "Puji dan syukur kepada Tuhan atas segala rahmat dan berkat yang dia berikan kepada kita sehingga keseluruhan rangkaian kegiatan pelaksanaan kurikulum merdeka yang kita mulai tahun ini di di lembaga pendidikan DMP St. klaus sudah bisa kita laksanakan dengan baik.


Selanjutnya Marius Karang menjelaskan bahwa berbagai perencanaan dalam KWSP sudah dijadwalkan dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan  berpuncak pada hari ini, yakni di  semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023.


"Menurut saya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dalam bentuk festival merupakan akumulasi atau merupakan bukti dari apa yang sudah di lakukan oleh siswa-siswa dengan pendampingan kepada bapa dan ibu guru dalam melaksanakannya, jadi ini merupakan salah satu proyek penguatan profil pelajar pancasila ini," Ungkap Marius.


Selanjutnya terkait kegiatan ini, dikatakan Marius bahwa profil penguatan pancasila itu bukan hanya teori tapi harus menghasilkan produk atau wujud nyata. 


"Saya yakin bahwa apa yang dilaksanakan pada hari ini juga merupakan proyek lintas ilmu dari apa yang dilakukan oleh anak-anak itu merupakan perwujudan dari beberapa ilmu yang tergabung didalamnya. Jadi memang produk-produk yang dihasilkan itu sudah menunjukan bahwa anak-anak ini  selain sudah memahami yetapi sudah mewujudnyatakan profil pelajar pancasila itu dalam proyek-proyek yang mereka laksanakan itu yang tadi sudah kita lihat di stand-stand yang kita kunjungi.",Jelas Marius


Selanjutnya Marius menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini  tidak berhenti disini saja  tetapi  kedepan  Bapak dan ibu guru tetap bekerja sama untuk mendampingi anak-anak  dalam meningkatkan profil pelajar pancasilanya. 


"Saya sebagai kepsek berharap, hal ini tidak hanya berhenti disini saja  tetapi tetapi untuk kedepannya Bapak dan ibu guru tetap bekerja sama untuk mendampingi anak-anak  dalam meningkatkan profil pelajar", Ungkap Marius


Sementara itu, Sekertaris Dinas PPO Manggarai, Wensislaus Sedan Kepada Wartawan mengatakan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SMP santu Klaus ini merupakan suatu hal yang positif karena saat ini pemerintah menggalang yang namanya umplementasi kurikulum merdeka sebagaimana dituangkan di dalam permendikbud No 56 tahun 2022.


"Produk-Produk yang dihasilkan oleh SMP Stt Klaus ini merupakan perwujutan  penerapan kurikulum merdeka. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam setiap mata pelajaran didalam kurikulum merdeka itu satu jam pembelajaran itu porsinya harus untuk penguatan  profil Pelajar Pancasila," Ungkap Wensislaus.


"Nah, ternyata sekolah ini tidak hanya omong soal pengetahuan anak tentang penguatan profil proyek pelajar pancasila bahkan mereka sudah bisa wujudkan dalam bentuk karya nyata," Sambungnya. 


Wensislaus  memberikan apresiasi positif kepada kepsek dan seluruh Crew didalamnya yang sudah sangat luar biasa. Ia berharap kegiatan semacam begini tidak hanya sebatas disini, harapannya adalah agar SMP St. Klaus bisa mempengaruhi atau menggerakan komunitas-komunitas disekitar mereka.


"Saya harap kegiatan semacam begini tidak hanya sebatas disini, harapannya adalah agar SMP St. Klaus bisa mempengaruhi atau menggerakan komunitas-komunitas disekitar mereka. Ada SD, SMP dan SMA disekitar", Kukas Wensislaus


Untuk diketahui, kegiatan  ini sebenarnya dihadiri oleh Kadis PPO Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero berhubung Kadis PPO Manggarai masih berjadwal dinas di luar, mewakili Dinas Pendidikan Manggarai, Sekertaris Dinas PPO Kabupaten Manggarai beserta Jajarannya.




Nestor Madi



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.