GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dan HUT Ke-65 Kodam XIII/Merdeka, 10 Rusa Timorensis Dilepas di TWA Batuangus Bitung


Republiknews, Bitung
- Peringatan Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 dan HUT Ke-65 Kodam XIII/Merdeka, Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri bersama Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi dan Dandim 1310/Bitung, melepas 10 ekor rusa Timorensis di TWA Batuangus , Kelurahan Kasuari, kota Bitung Sulawesi Utara. Rabu(07/06/2023)


Dalam kesempatannya Wali Kota  Bitung  menyampaikan, pembangunan objek wisata di Taman Wisata Alam (TWA) merupakan hasil kolaborasi bersama unsur Forkopimda Kota Bitung untuk kemaslahatan banyak orang.


Dengan itu Maurit Mantiri menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat fasilitas yang sudah di bangun oleh pemerintah, selain itu dengan adanya pelepasan 10 ekor rusa Timorensis ini masyarakat juga menjaga kelestariannya sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan nantinya.


"Saya menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung taman wisata alam batu angus untuk selalu menjaga dan merawat fasilitas yang sudah di bangun dan satwa liar termasuk rusa Timorensis,

satwa liar berperan aktif dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan, maka dari itu harus kita jaga kelestariannya, sehingga satwa liar bisa terus berproduksi dan memiliki keturunan sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bitung agar ekonomi masyarakat juga bisa berkembang,"paparnya.


Sementara itu, Kepala BKSDA Sulut, Ashari Dg Masikki, S.Hut mengungkapkan alasan di pilihnya TWA Batuangus sebagai lokasi 10 ekor Rusa Timor Rinsis bahwa di mana lokasi tersebut merupakan distribusi alami untuk para rusa,memiliki habitat yang cukup dan juga mempertimbangkan faktor keamanan dan ancaman.


Ashari berujar bahwa 10 ekor Rusa Timorensis yang sudah dilepas liarkan masuk dalam satwa yang di lindungi, berdasarkan peraturan Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan Nomor : P.106/MenLHK/Sekjen/Kum.1/12/2018.


"Jadi yang di lepas tadi Jenis Rusa Timorensis, dari 10 Ekor itu betina 6 ekor sisanya jantan semua, dan rusa-rusa ini berasal dari PPS Tasikoki dan hasil serahan dari masyarakat Minahasa Utara, Bitung dan Manado yang selama dalam pemeliharaan ,"ujarnya.


Kegiatan pelepasan 10 rusa Timorensis  ini di sponsori oleh PT. Pertamina Bitung dalam program kerja CSR SPT Pertamina Niaga Integrated Pertamina Bitung.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono, Kasrem, Kolonel Inf Yarnedi, Kasilog Rem 131/Merdeka Kolonel Arm Novi Herdian, Kasi Ren Kolonel Inf Teguh, Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka, Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem PD XIII/Merdeka, Pertamina Bitung, Dandim 1310/Bitung, Letkol Arm Yoki Efriandi Gumay,M.Han, Dan Sub Den POM XIII/1-2 Merdeka, Kapten Cpm Sunarto, BKSDA Sulut, Ashari Dg Masikki, S.Hut, Plt Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Nicholas Loli, SP.M.Si dan Kadis Pariwisata Kota Bitung, Camat dan lurah. 

( Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.