GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Dinas Dikpora Berpesan Agar Sekolah Di Magetan Tidak Membebani Peserta Didik Baru Saat Pelaksanaan MPLS


 Magetan, Republiknews.com -Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2023/2024 menjadi salah satu yang disorot di awal tahun ajaran baru oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan.


Dinas Dikpora Kabupaten Magetan mengingatkan ke satuan pendidikan, agar selama pelaksanaan MPLS agar diisi dengan kegiatan menarik serta edukatif tanpa membebani para peserta didik baru maupun orangtua wali murid.


Kepala Dinas Dikpora Magetan Suwata melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Irawan membeberkan, jika jadwal MPLS tahun ajaran 2023/2024 akan dimulai 17 Juli mendatang, dengan rincian Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 hari dan jenjang Sekolah Dasar (SD) selama 2 minggu. ” Untuk jenjang SD namanya transisi PAUD ke SD nanti berlangsung 2 minggu, kalau tingkat SMP selama 3 hari, ” kata Irawan, Kamis (6/7/23).


Irawan mengatakan, MPLS akan menjadi sarana untuk mengenalkan siswa baru dengan lingkungan serta warga sekolah. Selain itu juga sebagai ajang untuk mengali potensi diri siswa dan membantu menumbuhkan semangat cara belajar serta menanamkan kepribadian yang baik.


Dan, pihak Dinas Dikpora Magetan tidak akan segan memberikan sanksi kepada sekolah berupa teguran tertulis maupun pemberhentian kegiatan MPLS apabila ada laporan dari peserta didik baru yang merasa terbebani selama menjalani MPLS. ” Kalau ada sekolah yang melanggar kita layangkan sanksi tertulis, kalau ada yang berat mungkin pemberhentian dan sebagainya, ” ujar Irawan.


Dirinci Kabid Dikdas Dikpora Magetan, perihal larangan yang dilakukan selama kegiatan MPLS antara lain mewajibkan siswa didik baru untuk mengenakan atribut maupun aksesoris yang tidak kaitanya dengan dunia pendidikan serta praktik – praktik yang menyakiti siswa baru baik fisik maupun mental. ” Aksesoris yang tidak wajar, perpeloncoan itu juga dilarang, ” tegas Irawan.


Dinas Dikpora Magetan berharap selain siswa baru seluruh siswa kelas 2-6 jenjang SD dan 8-9 jenjang SMP dapat mengikuti pelajaran secara penuh mulai awal tahun ajaran 2023/2024.” Kita mengharapkan langsung masuk dan belajar, ” pungkas Irawan. (Va)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.