GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kedatangan 4 Kapal Pesiar Kota Bitung Bak Eropa Dalam Sepekan

#wisatawan bitung

Republiknews, Bitung-
Kedatangan 4 Kapal pesiar di kota Bitung berdampak signifikan pada putaran ekonomi di kota Bitung. Rabu (13/03/24)


Kota Bitung yang dikenal dengan keindahan alamnya dan hasil laut yang melimpah, sangat diminati pelancong dari mancanegara, buktinya Dalam waktu sepekan 4 Kapal Pesiar yang sandar di Pelabuhan penumpang Samudra Bitung diantaranya MV. Arcadia, MV. Queen Mary 2, MV. Seabourn Soujourn, MV. Queen Victoria.


Saat kedatangan MV. Arcaida diadakan demontrasi kuliner sea food khas   kota Bitung , di area pelabuhan di bagikan kepada para turis dan pengunjung untuk mencicipinya.


Warga kota Bitung juga nampak antusias menerima kedatangan para turis , dengan berbondong-bondong ke area pelabuhan untuk turut meramaikan penyambutan kapal - kapal bersekala raksasa tersebut.


Tak hanya itu UMKM yang menjajakan dagangannya dan tentunya mendapat penghasilan meroket saat kedatangan kapal pesiar, begitu juga Money chenger yang memanfaatkan momen tersebut.


Menurut data dari Dinas Pariwisata kota Bitung  dan pemilik lapak ,putaran ekonomi saat kedatangan 4 kapal pesiar di kota Bitung mengalami kenaikan semisal,


Jasa penukaran uang di Pelabuhan mencapai $ 27 000 US ( -+ Rp 378000000)

32 lapak UMKM mencapai Rp. 113.000.000

Dispar masih mendatang UMKM yang belum terdata 

10 lapak buah mencapai Rp. 12 .600.000

Tempat wisata Batu Putih Rp. 51.000.000

Cafe Bose sekitar . Rp. 150.000.000.

Sementara masih ada lapak Money chenger  yang belum terdata , yang pasti kedatangan para turis di kota Bitung, meningkatkan putaran ekonomi yang beredar di kota Bitung.


Sementara dari pihak General Maneger (GM) Pelindo Regional 4 Bitung, Ramdan Affan Kiai demak mengatakan,


“Kami selaku penyedia pelayanan jasa kepelabuhanan bersyukur, sampai dengan kedatangan keempat kapal pesiar ini, berbagai instansi tetap kompak dalam menyelenggarakan penyambutan dan melaksanakan tugasnya masing-masing untuk menjaga ketertiban dan keamanan demi menciptakan kenyamanan bagi turis yang berkunjung, dan dengan adanya kunjungan kapal pesiar ini kami berharap dapat berdampak pada peningkatan perekonomian dan pariwisata yang ada di Kota Bitung,”ujarnya.


Hal senada juga disampaikan Junior Manager Humas Prawita Regina Alamri dan menambahkan, 


“Dalam Menyambut kapal pesiar, pihak manajemen PT Pelindo (Persero) Regional 4 Bitung, terus menjaga kesiapan fasilitas serta menjaga kolaborasi antar instansi yang menjadi front liner di acara ini, demi terciptanya kesan yang baik bagi turis asing yang berkunjung. Sehingga besar harapan manajemen PT Pelindo (Persero) akan adanya kunjungan berikutnya". Papar Prawita 


Salah satu turis  Penumpang  MV. Queen Victoria, Elysabeth merasa senang singgah di kota Bitung, 

 

" Bitung kota yang Indah dan ramah, saya suka" ungkapnya (di terjemahkan dalam bahasa Indonesia). 


Banyaknya turis yang berdatangan di kota Bitung membuat kota di timur Indonesia ini bagaikan eropa dalam sepekan, pelancong bertubuh jangkung dan berkulit bule tersebut, memanfaatkan Waktunya untuk menyusuri kota Bitung dengan jalan kaki. 


( Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.