GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Bukan Akibat Patahan, BMKG Minta Warga Tagulandang Waspada Tsunami Akibat Runtuhan Gunung Api ke Dalam Laut

#gunung ruang #erupsi #tagulandanh
Foto sumber: BMKG 

Sulut, Republiknews.com
- Isu Tsunami yang beredar di masyarakat Tagulandang akibat gempa tidak dibenarkan  oleh BMKG, Rabu(17/04/24). 


Melalui media sosial akun resmi BMKG menyebutkan bahwa potensi tsunami bukan disebabkan oleh patahan lempengan bawah laut, melainkan runtuhan tubuh gunung Ruang yang saat ini tengah erupsi. 


Selain itu BMKG juga menyampaikan  himbauan bagi masyarakat di tepi pantai selalu waspada terhadap lontaran batu akibat erupsi 


"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut," sebut akun BMKG. 


Saat ini, dari informasi yang diterima, pukul 23:00wita, Rabu(17/04/24), ratusan warga di Kecamatan Tagulandang, Kab Sitaro, Prov Sulut tengah mengungsi ke bagian utara disebabkan hujan batu yang dialami wilayah Tagulandang Induk yang berhadapan langsung dengan gunung Ruang.  

 

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 272 Kepala Keluarga atau 828 warga dievakuasi imbas Gunung Api Ruang meletus . 


Sejak Selasa(16/04/24), pukul 16:00 wita hingga saat ini aktifitas  gunung Ruang dinyatakan  berada pada level lll(Siaga).


Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) juga telah menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari terhitung mulai tanggal 16 - 29 April 2024.


 Terpantau di berbagai akun media sosial, jutaan doa dan harapan  semoga masyarakat di Tagulandang tetap dalam perlindungan Tuhan YME. 

(Tzr)


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.