Terkini

KPU Provinsi Gorontalo Tetapkan Hasil Pleno DCT Parpol Peserta Pemilu 2019

Thursday, 20 September 2018
Ketua KPU Provinsi Gorontalo bersama wartawan republiknews usai pleno penetapan DCT peserta Pemilu 2019

Republiknews- Provinsi Gorontalo
Penetapan Daftar Calon Tetap anggota DPRD provinsi gorontalo pemilu 2019 dilaksanakan pada hari kamis (20/09/2018).

Berdasarkan keterangan dari ketua KPU Provinsi Gorontalo hasil akhir dari daftar calon tetap jumlah totalnya adalah 484 dalam jumlah parpol yang ikut dalam pemilihan yaitu 16 parpol dan yang berhak menjadi  peserta pemilu di Provinsi gorontalo itu hanya 14 parpol. Dengan jumlah total laki laki 302 orang dan perempuan 182 orang  sehingga persentasi perempuan mencapai 37,60%.

Perihal dengan adanya anggota DCT yang mengundurkan diri Bapak Fadliyanto Koem S.Ag M.Pd menyatakan bahwa “sebenarnya secara substansi tidak ada lagi ruang untuk mengundurkan diri akan tetapi jika ada,, setalah penetapan DCT ini tetap akan masuk dalam daftar calon tetap hanya ada keterangan disitu keterangan meninggal dunia atau  mengundurkan diri” ungkapnya

Perihal pengunduran diri dari para bacaleg, beliau juga mengatakan bahwa sudah tidak ada lagi penggantian DCT meskipun itu mempengaruhi keterwakilan perempuan yang mencapai 30%.

Untuk perbaikan daftar DPT berdasarkan rapat koordinasi nasional di Jakarta, KPU dan BAWASLU sudah menyepakati untuk meminta waktu atau memperpanjang selama 60 hari atau kurang lebih 2 bulan.

Diwaktu 60 hari tersebut anggota KPU akan memaksimalkan pembersihan dan pencermatan DPT kembali baik itu DPT ganda atau DPT yang sudah dinyatakan TMS misalnya meninggal dunia atau sudah menjadi anggota TNI dan Polri. Termasuk juga DPT yang sudah pindah alamat atau sudah memiliki KTP dengan alamat yang baru.

Republiknews.com
Reporter : Asmawati M Yusuf  & Sulistia Djafar

No comments:

Post a Comment