Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) Kembali Berulah Satu Anggota TNI Tewas di Nduga ,Papua

Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) Kembali Berulah Satu Anggota TNI Tewas di Nduga ,Papua

Minggu, 21 Juli 2019, Juli 21, 2019

Republiknews ,Papua ,sabtu 20,07 2019.  Satu anggota TNI Gugur di Kabupaten Nduga, Papua, diserang Kelompok Separatis Bersenjata (KSB)   .

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi menerangkan, bahwa peristiwa penyerangan terjadi pukul 12.45 WIT, ketika anggota TNI sedang istirahat, sholat, makan.

Secara tiba-tiba mendapatkan serangan yang muncul dari semak belukar dengan jarak sekitar 300 meter dari kedudukan prajurit yang sedang istirahat.

Pasca penyerangan tersebut, TNI melakukan konsolidasi dan pengamanan setempat. Setelah dilaksanakan pengecekan personel, ternyata satu orang prajurit terkena tembak.


Prada Usman Hambelo tewas setelah tertembak dibagian pinggang sebelah kanan oleh KSB yang diduga pimpinan Egianus Kogoya, ketika sedang istirahat pasca melakukan pengamanan pembangunan Proyek Strategis Nasional Trans Papua Wamena-Mamunggu di Distrik Yuguru, kab Nduga , Papua.

Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke satuan atas untuk mendapatkan bantuan heli dalam rangka evakuasi. Namun, Aidi menambahkan, proses evakuasi tidak dapat dilakukan akibat cuaca buruk.

Evakuasi tidak dapat dilakukan hingga malam , karena  kondisi cuaca hujan lebat. Sementara akses untuk menuju ke TKP hanya bisa menggunakan Heli.

Menurut keterangan kol inf Muhamad Aidi ," kejadian penyerangan sangat singkat, serangan dilakukan dengan tembakan rentetan yang muncul dari balik semak belukar secara Hit and Run. Pasukan TNI berusaha membalas tembakan dan melakukan pengejaran. Namun dengan pertimbangan keamanan karena medan belukar yang sangat tertutup dan banyak jurang yang curam, maka pengejaran dihentikan,”ungkap Muhamad Aidi.

Suryo
Sumber

TerPopuler