Koeman Siap Tukangi Barca -->

Koeman Siap Tukangi Barca

Kamis, 20 Agustus 2020, Agustus 20, 2020
artikel dan foto sumber

BARCELONA-Barcelona diberitakan baru saja memecat Quique Setien walau baru bertugas sekitar delapan bulan.

 El Azulgrana selanjutnya dikabarkan akan menunjuk Ronald Koeman untuk membesut Lionel Messi dkk
Setien dipilih menggantikan Ernesto Valverde pada 12 Januari lalu dengan kontrak hingga 2022.

Tapi, kiprah pelatih berusia 61 tahun itu di Camp Nou harus berakhir lebih cepat karena prestasinya tidak sesuai harapan.

Setelah gagal menjuarai Copa del Rey dan La Liga, mantan pelatih Real Betis itu membiarkan Barcelona tersingkir dari Liga Champions secara memalukan, yakni kalah 2-8 dari Bayern Muenchen saat perempat final.

Alhasil, Setien menutup debut musimnya dengan tangan hampa. Itu membuatnya dianggap sebagai pelatih terburuk Barcelona selama hampir 13 tahun. Nakhoda terakhir Blaugrana yang gagal meraih gelar adalah Radomir Antic (Januari 2003 – Juni 2003).

Walau belum ada keputusan resmi, Barcelona berencana memilih Koeman sebagai penerus Setien. Mantan gelandang bertahan berusia 57 tahun itu bukan sosok asing bagi klub Katalan. Dia pernah merumput selama enam musim (1989-1995) dan mendulang 10 trofi.

Setelah gantung sepatu, Koeman sempat pula menjadi asisten pelatih Barcelona (1998-2000). Prestasinya disisi lapangan juga cukup bagus, khususnya ketika membesut Ajax Amsterdam. Dan, punya pengalaman melatih di Spanyol bersama Valencia dimana meraih Copa del Rey.

Bila Koeman benar terpilih menukangi Barcelona, dia akan menjadi pelatih asal Belanda lagi setelah Frank Rijkaard (2003-2008). Disebutkan, tugas pertamanya nanti adalah menjual sejumlah pemain utama pada bursa musim panas ini sebagai bagian dari reformasi. (Jok/ Tamrin Lahiya)

TerPopuler