Candi Borobudur -->

Candi Borobudur

Jumat, 30 Oktober 2020, Oktober 30, 2020


Magelang- Republiknews.com, Selain Candi Prambanan, Candi Borobudur juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan Candi Terindah di Dunia. Candi yang menjadi keajaiban dunia ini dibangun di era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra Tepatnya pada tahun 825 M, Candi peninggalan Budha terbesar sedunia memiliki tinggi 42 meter dengan 10 tingkat.


Semuanya mewakili kamadhatu yang berarti manusia yang terikat hawa nafsu, rupadathu yang berarti manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu, tapi masih terikat rupa dan bentuk, dan arupadhatu yang berarti manusia yang sudah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Dilansir dari sejarahlengkap.com


Arsitek Borobudur, Gunadharma, membuat 2672 panel relief atau setara dengan panjang 6 kilometer.


Pelukisan dibuat secara runtut searah jarum jam. Candi Borobudur dibuat dengan kemampuan dan teknik yang sangat tinggi. Bahannya terbuat dari batu kali yang tersusun dengan baik dengan teknik interlock atau saling mengunci satu sama lain. 


Borobudur berhiaskan 504 patung Buddha. Kubah utama Borobudur dikelilingi oleh 72 patung Buddha. Semua patung buddha itu masing-masing duduk di dalam stupa berlubang. 


Letak Borobudur berada di Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah. Biasanya menjadi satu paket wisata dengan Jogjakarta. (T.L)

TerPopuler