Para Pemberi Nasihat Sesuai Anjuran Nabi -->

Para Pemberi Nasihat Sesuai Anjuran Nabi

Kamis, 29 Oktober 2020, Oktober 29, 2020


Bitung- Republiknews.comsiapakah Para Pemberi Nasihat serta pelajaran yang baik yang dianjurkan nabi untuk kita datangi.  Jumat (30/10/2020). 


Rosulullah Saw menegaskan dalam sebuah Hadits yang berbunyi :

Hadits :

الدِّينُ النَّصِيحَةُ قُلْنَا لِمَنْ قَالَ لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

Artinya :

“Agama itu adalah nasihat.” Kami berkata, “Untuk siapa?” Beliau bersabda, “Untuk Allah, kitabNya, RasulNya, Imam kaum muslimin, dan orang-orang kebanyakan.” (HR. Muslim)


Bahwasannya Agama Itu adalah NASIHAT kemudian ditanya oleh para sahabat beliau, Nasihat tersebut UNTUK SIAPA ? kemudian dijawab oleh Nabi bahwa Nasihat UNTUK ALLAH, KITABNYA,ROSULNYA, IMAM KAUM MUSLIM dan MANUSIA. 


Nasihat Untuk Allah.


Nasihat untuk Allah adalah bagaimana kita bisa mengambil Nasihat yang datang dari Allah Swt selaku Pencipta Langit dan bumi serta seluruh yang berada dijagad semesta ini, untuk bisa mendapatkan Nasihat dari Allah, maka kita masuk kepada :


KitabNya


Apakah yang menjadi Kitab Allah tersebut ? seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kitab yang diturunkan Allah kepada para Nabi mulai dari Zabur, Taurat, Injil dan Al Qur’an karim. Sudah sampai kepada Manusia, dalam hal ini yang dimaksud oleh hadits tersebut adalah Al Qur’an. Nah dari Al Qur’an inilah kita bisa mengambil Nasihat yang diberikan Allah kepada Manusia, Mulai dari Yang berserah diri kepada Allah samapai kepada Orang-orang yang Bertaqwa, semuannya terdapat dalam KitabNya yakni Al Qur’an Nul Karim. Kemudian pelajaran serta nasihat yang bisa diambil dari Rosulullah.

 

RosulNya


Pelajaran serta nasihat tersebut adalah Hadits Nabi, dari sinilah kita bisa mendapatkan Nasihat-nasihat yang baik yang bisa menyelamatkan Manusia dari Dunia sampai Diyaumil hizab kelak. Karena seluruh Nasihat yang ada didalam Hadits diambil dari Kandungan Al Qur’an yang merupakan kitab yang di turunkan Allah lewat Perantara Jibril as. (Wahyu). Kemudian siapa lagi yang harus kita ambil Nasihat serta pelajaran yang baik selain yang sudah disebutkan diatas.

 

Para Imam Kaum Muslimin


Yang dimaksud dengan para Imam adalah mereka yang juga diangkat serta ditunjuk oleh Allah sehingga mereka benar-benar mampu menunjukan para Manusia kejalan yang benar. 


Manusia Kebanyakan.


Manusia Kebanyakan adalah orang-orang yang mumpuni dibidang Agama baik melalui Bangku sekolah sehingga mencapai kesarjanaan dibidang Agama serta Para Ustadz, Da’i dll yang berkecimpung didalam Dunia Ke agamaan yang diakui oleh masyarakat yang mampu menyampaikan ajaran Agama dengan baik. Tujuan dari mereka semua adalah demi keselamatan Manusia ketika berada pada pengadilan Allah Swt kelak. (T.L)





TerPopuler