GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Bertepatan Dengan HUT ke 113 Negeri Danowu, MKM Tegaskan Jaga Eksistensi Budaya Minahasa.


Republiknews ,Bitung . Bersamaan dengan HUT ke 113  Negeri Danowudu , Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) mengadakan pelantikan Pemangku Adat Negeri Danowudu (PAND) ,bertempat di taman Botanica Resort ,kecamatanvDanoeudu ,Kamis (06/05/2021).



Kehadiran MKM dalam acara pelantikan Pemangku Adat Negeri Danowu tersebut bertujuan untuk mempertahankan dan merawat eksistensi budaya Minahasa yang berada di kota Bitung.


Pernyataan tersebut disampaikan dengan tegas oleh Tunduan MKM Wanua Bitung , Tonaas Fabian Kaloh mewakili Tonaas Wangko Umbanua Bitung, Maurits Mantiri yang juga Walikota Bitung saat melantik dan mengukuhkan Pemangku Adat Negeri Danowudu,



"Kami para tonaas sekarang ini tidak pintar berkelahi atau bertempur seperti para tonaas tempo dulu, tetapi kami harus menjaga agar budaya minahasa di Bitung tetap eksis dan terpelihara. Itu juga menjadi tanggung jawab kita semua", ujar Kaloh yang juga anggota DPRD Provinsi Sulut. 


Kaloh juga berharap , seluruh Pemangku Adat yang baru dilantik sampai tahun 2026,

Bisa bertugas dengan rasa tanggung jawab .


Diketahui dalam acara pengukuhan Pemangku Adat tersebut ,ada 9 orang yang di kukuhkan sebagai pemangku adat diantaranya Ketua Lodewyk Kiroyan, Sekretaris Terry Lomboan, Bendahara Maxi Kiroyan dan para anggota Yantje Tengker, Meydi Kalangi, James Pinontoan, Verry Kambey, Jefri Lomboan, James Sangian


Sementara turut hadir dalam pelantikan dan pengukuhan tersebut , sejumlah tonaas yang tergabung dalam Presidium MKM Wanua Bitung antara lain Julius Ondang Tonaas Tountemboan yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung yang dipercayakan membacakan sambutan Walikota Bitung dan  Yefta Ratela Tonaas Pasan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) MKM Wanua Bitung, dr Pitter Lumingkewas yang juga Ketua Pakasaan Toulour, Wakil Ketua Pakasaan Toulour Oktaf Kandoli yang juga  Kepala Bapenda Kota Bitung, Ketua Pakasaan Tounsawang Ruben Binanggal dan para pengurus MKM .( Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.