Sultan Ajak FKMB Tegakkan Marwah Warga Minang -->

Sultan Ajak FKMB Tegakkan Marwah Warga Minang

Senin, 07 Juni 2021, Juni 07, 2021


Republiknews.com – Jakarta, Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin mengajak seluruh aktifitas Forum Keluarga Minangkabau Bersatu (FKMB) hendaknya mengedepankan orientasi cita-cita dalam perwujudan menegakkan Marwah Minang di seluruh Nusantara.


Karenanya, agenda-agenda FKMB diharapkan  dapat memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa Indonesia.


“Sebagai putra asli keturunan Pagaruyung, saya berharap wadah ini bukan hanya menjadi tempat berkumpul saja. Dalam aktifitasnya harus didorong untuk mampu bertransformasi menjadi organ advokasi dalam bidang hukum, sosial, ekonomi serta budaya bagi masyarakat Minang khususnya, ” ujar Sultan saat menerima Ketum FKMB di kediamannya kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (6/6/2021).


Saat ini FKMB sedang menyusun kepengurusan diseluruh tingkatan provinsi dan kabupaten se-Indonesia. Selain memberikan wawasan kebangsaan dan penguatan fungsi forum kekeluargaan, Sultan dalam pertemuan itu  menjadi ketua dewan penasehat.


Sultan berpesan FKMB mesti dibangun berdasarkan rasa keikhlasan, rasa saling memiliki dan saling menumbuhkan, juga sikap saling membesarkan antar sesama keluarga besar Minangkabau.


“Tanpa membedakan status sosial, warga Minang memiliki simpul relasi yang bersumber pada landasan filosofis manjampuik nan tatingga, mangumpulkan nan taserak (menjemput yang tertinggal, mengumpulkan yang terserak)”, ujarnya.


“Terima kasih atas kepercayaannya yang telah meminta saya menjadi ketua dewan penasehat FKMB. Untuk kontribusi dalam kebaikan serta kemajuan bersama baik bagi masyarakat Minang dan bangsa Indonesia tentu saya akan merasa terhormat menerima amanah ini,” ujar Sultan.


Sementara Ketum FRMB Indra Jaya,  juga mengisahkan latar belakang serta tujuan tentang organisasi yang didirikan pada 1 Mei 2021 tersebut. 


“Forum keluarga berdiri atas inisiasi permintaan dari Ninik mamak, kaum ulama, cerdik pandai serta tokoh-tokoh Minang dengan tujuan menjadi wadah kekeluargaan yang erat bagi seluruh orang Minang dimanapun berada tanpa membedakan status apapun, ” katanya. (Jcn/T.L)

TerPopuler