GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Satu Tahun Pimpin Bitung, Maurits-Hengky Toreh Segudang Prestasi



Republik News, Bitung - Sejak dilantik oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE pada tanggal 31 Maret 2021 lalu, Pemerintah Kota Bitung di bawah kepemimpinan Ir. Maurits Mantiri, MM dan Hengky Honandar, SE akhirnya genap satu tahun pada tanggal 31/3/22 Kemarin.

 

Peringatan setahun kepemimpinan Walikota Bitung Maurits Mantiri MM bersama Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE di gelar dengan sederhana. Di mana perayaan peringatan setahun kepemimpinan MM-HH diawali dengan ibadah syukur yang di bawakan oleh Pdt.Hein Arina. Bertempat di ruang SH. Sarundajang, Jumat, (1/4/22).

 

Selama setahun kepemimpinan Mantiri-Hengky, mampu mengatasi setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat, serta yakin dan optimis untuk membangun kota Bitung tercinta. Dan ini di buktikan dengan  berbagai capaian keberhasilan pembangunan di kota Bitung. Hal ini merupakan filosofi dari MM-HH yang dikenal dengan tagline buat mereka tersenyum.

 


Seperti di ketahui hal mendasar dari tekad MM-HH adalah "SEPAKAT' dimana awalnya Akrononim ini adalah Setia Pada Rakyat (SEPAKAT). Namun direntang perjalanan waktu akronim SEPAKAT lebih dikongkritkan dalam bentuk tindakan nyata sehingga akronim SEPAKAT berubah menjadi Selesaikan Permasalahan Rakyat (SEPAKAT). SEPAKAT ini kemudian dijabarkan kedalam berbagai Program Strategis Unggulan Daerah Selesaikan Permasalahan Rakyat yang di atur melalui Peraturan Walikota Bitung nomor 8 tahun 2022.

 

Keberhasilan dan Kesuksesan perjalan satu tahun kepemimpinan Ir. Maurits Mantiri, MM sebagai Walikota Bitung dan Hengky Honandar, SE sebagai Wakil Walikota Bitung dalam mewujudkan Bitung sebagai Kota Digital, tak lepas dari beberapa hal diantaranya, secara Konsisten selalu terjaga kekompakan, solid dan keharmonisan antara Walikota dan Wakil.

 


Walikota dalam memimpin dan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya, disertai dukungan aparat yang kompak dan solid mewujudkan target kerja MM-HH.

 

Maurits-Hengky mampu mewujudkan clean government dalam tata kelola pemerintahan di Kota Bitung, mampu mempertahankan hidup yang rukun dan bertoleransi sehingga Kota Bitung tetap kondusif, aman dan nyaman dalam perbedaan, mampu membangun Kolaborasi yang baik dan harmoni antara pemerintah, komponen masyarakat, tokoh-tokoh agama, berbagai komunitas, serta keterlibatan investor secara proporsional dan mampu mengimplementasikan visi dan misi secara kongkrit, bergerak cepat melalui kegiatan-kegiatan yang jelas dan terencana, dan mampu membangun komunikasi yang baik dan jaringan yang kuat baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

 


Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dalam sambutannya pada perayaan satu tahun kepemimpinan mengatakan dirinya sangat bersyukur dan bertermakasih kepada masyarakat Kota Bitung yang selalu mendukung dan mensuport program-program pemerintah kota Bitung.

 

"Saya bersama pak Hengky sadar masih banyak pekerjaan yang harus di selesaikan. Kami berharap apa yang telah direncanakan bisa terealisasi dan terlaksana dengan baik. Untuk mewujudkan semua itu butuh kerja sama dan saling bergotong royong serta Kolaborasi dan kordinasi harus tetap dijalankan agar dalam menjabarkan semua program mudah dan gampang untuk dieksekusi. Dengan begitu semua pasti akan mampu menjalankan program-program ini,"Ungkapnya.

 


Sementara itu, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menambahkan, dalam memperingati perjalanan satu tahun kepemimpinan MM-HH merupakan hikmah yang diberikan Tuhan kepadanya mendampingi Walikota Maurits Mantiri

 

"Kami meminta doa kepada masyarakat kota Bitung agar kami bisa terus menjalani semua ini. Karena oni adalah Amanat yang diberikan tuhan kepada kami. Untuk itu kami sangat berharap masyarakat Kota Bitung terus mendukung dan mensuport supaya apa yang menjadi tujuan kami untuk membangun Kota Bitung dan mensejahterakan masyarakat bisa diwujudkan dengan baik. Karena masih banyak tugas dan tanggungjawab yang harus kami selesaikan. Untuk itu, kami akan terus berkerja bersama membangun kota kita ini,"Tambahnya.

 


Berikut ini capaian pembangunan Kota Bitung yang dapat digambarkan secara indikator makro, capaian program strategis unggulan serta penghargaan-penghargaan yang di dapat.

 

1 . Penghargaan Unifersal health coverage dan apresiasi dari BPJS

 

2 . Penghargaan WTP 10 kali berturut-turut 2011-2021

 

3 . Penghargaan atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diberikan kepada pekerja rentan sebanyak 25.000. non ASN/THL 970. aparat kelurahan/perangakat lingkungan 1.270

 

4 .Penghargaan  Gelar Anugerah Rahita Ekapraya (APE) tahun 2021

 

5 . Penghargaan atas perlindungan jaminan ketenagakerjaan oleh dirut BP ketenagakerjaan

 

6 . Penghargaan dari BNN

 

7 . Penghargaan daftar isian  pelaksana Anggaran (DIPA) 2022 dan wajar tanpa pengecualian (WTP) 2020

 

8 . Penghargaan PERPAMSI Award 2021

 

9 . Penghargaan NATAMUKTI 2021

 

10 . Penghargaan Peringkat pertama dalam PTSL se Provinsi Sulawesi Utara

 

11 . Penghargaan atas kinerja Pemerintah dalam bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan terbaik kedua Nasional kategori Pemerintah Kota.   

 

Sementara itu Capaian program unggulan Kepemimpinan Mantiri-Hengky Yakni;

 

Bitung Digital City

 

Pemasangan titik wifi di seluruh RT (1001 titik) Sudah terpasang 625 titik

 

- Micro Data / Bitung satu data 188.129 terdata (83%)

 

- Bitung DC/ Smart City

 

Layanan surat menyurat di seluruh perangkat daerah yang terintegrasi dengan sertifikat elektronik BSRE- Absensi event dan Absensi pegawai.

 

Layanan pengaduan darurat 112 sudah diterapkan Layanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Balapor.

 

Layanan Musyawarah tingkat RT sampai kecamatan lewat musyawarah sepakat.

 

Layanan Infrastruktur Kota lewat Sepakat PUPR. Dashboard Satu Data Kota Bitung yang sementara proses integrasi dengan Badan Pusat Statistik.

 

Layanan Keuangan lewat Financial Document System (FDS). Jaringan Intranet yang menghubungkan Perangkat Daerah di Kota Bitung.

 

WIFI Publik yang tersebar di 8 kecamatan,

 

Layanan informasi publik lewat website pemerintah kota Program talenta digital kerja sama dengan kementrian kominfo

 

saat ini sudah dilaksanakan pelatihan offline untuk masyarakat dan ASN sudah mencapai 500 orang.

 

- Pemberian Smartphone akan dilaksanakan pada triwulan Ill tahun 2022

 

Bitung Rumah Kita

 

Bedah Rumah

 

Dalam tahapan pengumpulan berkas.

 

Rumah Layak Huni 218 Unit rumah

 

Bitung Terang Infrastruktur Hebat

 

- Bitung Terang (lampu jalan) 1365 titik lampu terpasang

 

Percepatan jalan mantap 486,18 km

 

Pemerintahan Hebat

 

Birokrasi Hebat Nilai B

 

Kelurahan Hebat

 

- Layanan Kelurahan Hebat-pengajuan masyarakat dimana saja dan kapan

 

 

Bitung Bangkit

 

- UMKM Ketuk Pintu 4534 UMKM

 

Petani / Nelayan Hebat

 

8.312 Org

 

- Berkat Ojek 16.453 Orang

 

Bitung Peduli

 

Pemberian insentif Pimpinan Rumah Ibadah (Rp. 1.500.000,-)

 

Dana Duka (Rp. 2.500.000,- per ahli waris)

 

Rp. 6.632.500.000 Beasiswa

 

10 Beasiswa S-1, 2 beasiswa 5-3 1 Beasiswa S-2 Luar Negeri 500.000.000

 

Bus Lansia

 

Taman Lansia Dalam tahap proses dokumen di Bag PBJ

 

Bitung Kota Cantik

 

Pemeliharaan Kebersihan kota

 

120 ton perhari Penataan taman kota

 

Pembangunan Median jalan depan Kantor Walikota Pedestrian Jalan A. Mononutu 650 meter.

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.