GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Bhabinkamtibmas Polres Aceh Timur Diterjunkan Untuk Sosialisasi Kepada Warga Antisipasi Wabah PMK


Republiknews, Aceh Timur - Personel Bhabinkamtibmas di jajaran Aceh Timur diterjunkan guna sosialisasi mengenai penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada warga pemilik hewan peternak. Petugas juga memantau kesehatan ternak warga guna mendeteksi kemungkinan adanya penyebaran virus PMK. 


Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. melalui Kasihumas AKP A.S Nasution, S.H. mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personel Bhabinkamtibmas untuk sosialisasi penyakit mulut dan kuku kepada warga yang memiliki ternak sapi maupun kambing. 


"Bhabinkamtibma ssecara rutin melakukan patroli terpadu di tingkat polsek dan sentra-sentra peternak sapi/kambing  dengan terus memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang dan memisahkan ternak yang sakit atau suspek PMK dan warga pemilik ternak diingatkan terus menjaga kebersihan kandang serta kesehatan hewan ternak agar tidak terpapar virus PMK.  


"Sejak kemarin, anggota Bhabinkamtibmas sudah keliling menyambangi warga yang memiliki hewan ternak" ujar Kasihumas, Sabtu, (13/05/2022).


Pihaknya meminta untuk para warga pemilik hewan ternak bila mana ada hewannya yang terkena penyakit maka harus segera di laporkan kepada pihak terkait. Langkah tersebut diperlukan agar tidak menular pada hewan-hewan yang lain, imbau Kasihumas.


Adapaun untuk ciri-ciri penyakit hewan ternak yang terkena penyakit kuku dan mulut diantaranya demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta ada luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah dan tidak mau makan. Selain itu kukunya juga luka, sehingga sulit untuk berdiri, gemetaran, dan napasnya cepat. 


Kasihumas juga menyebut bahwa, Polres Aceh Timur akan bersinergi dengan dinas terkait  untuk berkoordinasi dalam rangka mengantisipasi penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak itu. 


"Terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas terkait Pemkab Aceh Timur daerah untuk pendataan dan langkah-langkah antisipasi PMK dan penanganannya apabila terdapat ternak warga yang terjangkit PMK," ujar Kasihumas Polres Aceh Timur AKP A.S Nasution, S.H. 


(Zzb).

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.