Iklan

Iklan

,

Iklan

Miliki Kekayaan Alam dan Berbagai Keunggulan Investor Belanda Incar Bitung

Republiknews
Jumat, 20 Mei 2022, Mei 20, 2022 WIB Last Updated 2022-05-20T15:13:16Z


Republiknews, Bitung- Kota Bitung yang mempunyai berbagai macam keunggulan baik dari kekayaan alam, perindustrian ataupun dari segi letak geografisnya membuat para investor mulai berdatangan.


Hal ini tak lepas dari beberapa progam Pemkot Bitung melalui besutan pasangan Walikota Bitung, yang dikenal dengan MM - HH (Maurits Mantiri - Hengky Honandar)


Terbukti pada Jum'at (20/05/2022) kembali Kedatangan investor asal Negeri Belanda ,  Director International Port Of Rotterdam yaitu Mr Rene Van Der Plas Mr. Andre Toet, Senior Maritime Economist MR. Carlos Zepeda, Director PT Pelabuhan Rotterdam Indonesia Mrs Sarah Suhartono, Ceo PT. Inerco Global International Mr Hendrik Kawilarang Luntungan, Senior Advisor Mr Edy Nursewan, Bitung Project Coordinator MR John Dumais, Govornment LO Mr Abi Reksi Panggalih.


Dan langsung diterima oleh Asisten III Pemkot Bitung Benny Lontoh MA dan Asisten II Drs Sikamang serta Kabag Humas Pemkot Albert Sergius SE, bertempat di 

Kantor Pemkot Bitung yaitu di lantai IV.


Usai tatap muka, Rombongan langsung meninjau Pelabuhan Terminal Peti Kemas Bitung dan Pelabuhan Samudera kemudian menaiki Kapal di Dansatrol Bitung mengitari Selat Lembeh dan melihat dari atas laut lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta kemudian ramah tamah di Dansatrol.


Pada kunjungan ini, Director International Port Of Rotterdam Mr Rene Van Der Plas mengatakan bahwa kunjungan ini adalah untuk memberikan nilai yang penting kepada masyarakat.


Lebih jauh, Van Der Plas menjelaskan bahwa Ia sangat peduli dengan Kota Bitung sebab dengan adanya kehadiran investasi yang ada, diharapkan bisa menciptakan Industri dan efisiensi dan dengan Manajemen yang baik nanti bisa membuka usaha-usaha yang baru dan kedepanya bisa bermanfaat bagi orang banyak.


“Kami berharap bisa bekerjasama dan berinvestasi dengan Kota Bitung ataupun Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” ujarnya.


Sementara itu, Benny Lontoh dalam penyampaianya mengatakan bahwa Pemkot Bitung sangat welcome atas terlaksananya agenda penting ini karena sangat strategis demi pengembangan Bitung kedepan.


“Kiranya melalui pertemuan ini, dapat merumuskan hal-hal penting terkait komitment kita bersama dalam rangka mengembangkan perindustrian di Kota Bitung,” ujar lontoh


Benny Lontoh juga menjelaskan bahwa Kota Bitung merupakan Kota Perindustrian yang memiliki Aset, Akses dan Sumber Daya yang strategis sebagai wilayah perikanan tangkap terbesar di Equatorial Dunia.


 Bitung selain menjagokan sektor Perikanan juga kaya akan hasil perkebunan terutama kelapa yang memiliki pasar yang sangat luas dan banyak peminatnya baik dalam skala Nasional maupun International.


Usai ramah tamah, rombongan bergerak menuju Kantor KEK. Disana rombongan langsung diterima Komisaris Utama PT Membangun Sulut Hebat (MSH) dan menjelaskan akan rencana expansi di KEK dan Pelabuhan Bitung nantinya.


Sementara itu Ceo PT. Inerco Global International Mr Hendrik Kawilarang Luntungan melalui Bitung Project Koordinator Jhon Dumais mengatakan bahwa memang pihak Rotterdam sangat serius akan mengembangkan Pelabuhan International di Kota Bitung.


 “Jadi saat ini pihak International Port Of Roterdam datang ke Bitung untuk melakukan survei. Dari hasil ini akan disampaikan kepada Bapak Gubernur Sulut dan kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo dan hal ini harus dapat diseriusi oleh Pemkot Bitung, guna pengembangan disektor Pembangunan di Sulut secara keseluruhan,” tutur Kawilarang.  (*/Suryo)

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll