GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pupuk Kaltim Bersama Pemkab Minut KTNA Gelar Penanaman Jagung Perdana

 


Republiknews.com – Minut, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) serta Pemerintah Kabupaten Minahasa utara (Minut) menggelar penanaman perdana, Desa Suawaan (10/08/2022).


Penanaman perdana budidaya jagung program Makmur agrosolusi pupuk Indonesia dengan menggunakan produk terbaru PKT yakni NPK JOS, yang merupakan pupuk NPK yang telah ditambahkan mikroorganisme hayati di lahan 2 ha Desa Suwaan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa utara.


Program ini adalah bentuk dukungan terhadap Ketahanan Pangan Nasional, sekaligus mendorong kesejahteraan petani melalui peningkatan hasil produksi. Petani diberi bimbingan dan pendampingan tentang pola pengelolaan serta pemupukan. serta memberikan penunjangan modal dengan menggandeng perbankan untuk bisa memberikan KUR (Kredit Usaha Rakyat). Dan nilai jual pun telah ditentukan dari awal dalam MOU.


Bupati Minahasa Utara Joune Ganda melalui Asisten II Drs.  Allan T.D.M. Mingkid mengatakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah menyiapkan 25 ribu hektar lahan pertanian untuk ditanami jagung, program ini sangat bagus untuk membantu petani. Lebih hebatnya lagi, dengan program ini petani mendapat pendanaan dan pupuk yang berkualitas serta bisa meningkatkan produktivitas sampai 20-30% hasil pertanian.


Komisaris Pupuk Kaltim Gustaf Pati, mengatakan, Melalui program Makmur ini mengubah mindset yang biasa kita ketergantungan pada pupuk subsidi, itu mau dikurangi. Petani diajar mandiri dengan memakai Pupuk non subsidi pendanaannya melalui perbankan dengan bunga yang sangat kecil, Targetnya untuk Minahasa utara Sebesar 500 hektar,” ucap Pati didampingi SPV Pupuk Kaltim Wisnu Ramafhani.


Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Minut AKBP Yudi Bambang Wibowo, Perwira Penghubung Kodim 1310 Bitung- Minut, Mayor Chb Mustafa Umboh, Asisten 2 Minut Drs. Allan T.D.M. Mingkid,  Komisaris Pupuk Kaltim Gustaf Pati, Kadis Pangan Ir Jemmy Kuhu, MA, Kadis Pertanian Ir Wangke Karundeng, Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey, Camat Kalawat Ferlie Indria Nassa, Hukum tua Suwaan Youla Kamu. (*talia)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.