GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Bupati Hery bersama DLHD Manggarai melakukan kegiatan tanam pohon di Kecamatan Langke Rembong


Ruteng,Republiknews.com- Bupati Manggarai bersama Dinas  Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai melakukan kegiatan tanam pohon di 10 titik mata air dalam wilayah Kecamatan Langke Rembong, Senin (03/10/2022).


 10 mata air yang menjadi targetan DLHD untuk ditanami pohon yaitu Wae Teku Pau I, Wae Teku Pau II, Wae Ngawe, Wae Barong Lawir, Wae Lideng, Wae Moro, Wae Ces I, Wae Ces II, Wae Pong, Wae Decer dan Wae Barong Mena.


Turut hadir dalam kegiatan tanam pohon itu, Camat Langke Rembong, Emil Ndahur,Lurah Pau beserta jajaran staf Dinas Lingkungan Hidup(DLHD) Kabupaten Manggarai.



Kepala Dinas DLHD Kabupaten Manggrai Kanis Nasak dalam keterangan persnya menjelaskan, bahwa sumber mata air wajib dilestarikan dari generasi ke generasi, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Karena air kata Kanis merupakan sumber kehidupan yang tidak bisa diganti oleh sumberdaya lain.


"Sumber mata air itu wajib kita jaga, siapapun itu, masyarakat, pemerintah, karena air ini tidak bisa diganti oleh sumber daya lain” katanya.


Lebih lanjut Dia menjelaskan penanaman pohon ini salah satu cara pemerintah, untuk mengedukasi kepada masyarakat untuk melakukan hal yang sama ditempat tinggal dan lingkungan masing-masing.


Kegiatan tanam pohon ini juga lanjut Kadis Kanis, merupakan salah satu cara pemerintah mengantisipasi gejala perubahan iklim, yang mengancam kehidupan manusia sekarang ini.


 Bupati Hery menjelaskan pohon sebagai sumber mata air, pohon berguna memberikan oksigen dan udara bersih untuk manusia, Ia juga bisa dijadikan sumber makanan sekaligus memerangi perubahan iklim.


"Karena itu mari kita jaga, mari kita lestarikan sehingga alam tetap utuh, mari kita wariskan yang terbaik untuk anak dan cucu kita" ungkap Bupati Hery.


Bupati Hery juga mengajak seluruh masyarakat, agar jangan bosan melakukan penanaman pohon mulai dari rumah sendiri, dengan menanam tanaman dalam pot dan juga tanaman hias.


"Kita bisa memulainya dengan menanam pohon sekitar tempat tinggal kita, di rumah misalkan dengan memelihara tanaman kecil dalam pot atau tanaman hias. Hasilnya memang tidak langsung terlihat, tetapi lama-lama akan kelihatan. Namun jika kebiasaan baik ini dilakukan terus secara konsisten, maka kita sudah menciptakan dunia lebih sehat untuk kehidupan anak dan cucu kelak," katanya.


Menanam pohon lanjut Bupati Hery adalah langkah kecil yang dapat dilakukan namun memberikan manfaat yang luar biasa. Menanam Pohon sama dengan menanamkan masa depan dan harapan bagi generasi penerus.


 Nestor Madi

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.