Iklan

Iklan

,

Iklan

Direktur SMK bersama rombongan Kemendikeistek mengunjungi SMK se-Kabupaten Manggarai

Republiknews
Minggu, 20 November 2022, November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-23T06:48:28Z
Direktur SMK dan rombongan saat kunjungan di SMK Sadar Wisata Ruteng. Foto: Nestor Madi

Manggarai,Republiknews.com-Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Dr. Wardani Sugianto, M.Pd  bersama rombongan  mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Manggarai, Sabtu,(19/11/2022).


Direktur dan rombongan tiba di SMK Sadar Wisata Ruteng pukul 09.00 dan di sambut Ritus Adat "Tuak Manuk Curu  dilanjutkan dengan tarian yang dibawakan oleh anak-anak SMK Sadar Wisata Ruteng. 


Pada acara penyambutan itu, siswa-siswi SMK Sadar Wisata Ruteng yang merupakan pegiat sanggar 'Bolek Loke' membawakan tarian 'Rangkuk Alu' dalam acara penyambutan Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) bersama rombongan dari Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi, bertempat di halaman SMK Sadar Wisata-Ruteng.


Dalam sambutannya, Direktur Kemendikbudristek RI  Bapak Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd   menyampaikan rasa bangganya mengunjungi SMK se Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat. 


"Saya bangga mengunjungi SMK di Kabupaten Manggarai dan melihat bagaimana pelaksnaan pembelajaran terkait dengan implementasi guru-guru merdeka maupun juga implementasi SMK keunggulan dan juga beberapa yg menjadi plattform teknologi Kemendikbudristek diimplementasikan di Kabupaten Manggarai ini", Ungkap Wardani Sugiyanto. 


Wardani Sugiyanto juga mendorong guru-guru untuk ikut program guru penggerak karena menurutnya kunci untuk memajukan sekolah ada di guru penggerak.  


"Tidak usah repot-repot  mengundang pembicara/mentor dari luar, guru penggerak itu nanti sudah akan banyak mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka, mereka yang sudah menjadi guru penggerak lah yang akan mendampingi Bapa dan ibu kepala sekolah untuk  memajukan sekolah masing-masing", Tegas Wardani Sugiyanto. 


Pada agenda pertama yaitu kunjungan di SMK Sadar Wisata Ruteng, Kepala sekolah SMK Sadar Wisata Wilhelmus Bastian, A.Md. mengatakan bahwa Direktur SMK hadir sebagai MKKS untuk mengunjungi seluruh SMK di Kab Manggarai guna menggali informasi tentang keadaan-keadaan SMK se Kabupaten Manggarai tetapi karena keterbatasan waktu, ada beberapa sekolah saja yang akan dijabani oleh beliau, agenda  berikutnya adalah kunjungan ke SMK Swakarsa, SMKN Wae Ri'i, SMK Elanus, SMK St Petrus. 

Direktur SMK saat mencicipi makanan kas Manggarai hidangan siswa/i  SMK Swakarsa. Foto: Nestor Madi

Dalam akhir wawancara dengan media pada agenda kunjungan di SMK Sadar Wisata, Wilhelmus sebagai ketua panitia kegiatan ini menyampaikan Apresiasi kepada Pak Direktur   atas kunjungannya ke SMK di Kabupaten Manggarai. 


"Saya mewakili teman-teman SMK di Kabupaten Manggarai menyampaikan Apresiasi kepada Pak Direktur SMK yang bersedia hadir mengunjungi dan melihat langsung kondisi SMK di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat.


Sebagai ketua panitia kegiatan ini, Wilhelmus juga menyampaikan Terimakasih untuk seluruh elemen yang sudah ikut berpartisipasi dalam kunjungan ini. 


"Saya sebagai ketua panitia kegiatan ini menyampaikan Terimakasih kepada Kepala Dinas P&K Provinsi NTT, Ketua MKKS, para Kepala Sekolah SMK beserta guru-guru serta siswa-siswi SMK yang sudah berpartisipasi dalam kunjungan ini", Ungkap Wilhelmus


Pada agenda berikutnya yaitu kunjungan ke SMK Swakarsa Ruteng, Kepala Sekolah Kepala SMK Swakarsa Ruteng, Isidorus Son yang diwawancarai di akhir acara penerimaan Direktur SMK beserta rombongan menyampaikan tanggapannya terkait kegiatan kunjungan tersebut. 


"Sebagai Kepala Sekolah SMK swakarsa, saya bangga atas kunjungan Direktur SMK dan rombongan apalagi ada staf dari kementrian riset dan teknologi, karena mereka dapat melihat secara langsung tentang keadaan kami di sekolah, mereka melihat stand kreatif kami serta menyaksikan dan mencicipi makanan khas Manggarai diantaranya sombu, siki-seko, serabe, dll buatan siswa-siswi SMK Swakarsa sendiri.", Tukas Isidorus Son 


"Saya  ucapkan Terimakasih kepada Bapak direktur SMK dan Rombongan yang sudah mengunjungi sekolah kami saya berharap semoga  kedepannya  akan ada jawaban atas apa yang kami sampaikan hari ini kepada ibu dari Kementrian mengenai kekurangan di sekolah kami", jelas Isidorus kepada Wartawan.


Selanjutnya Direktur  SMK dan rombongan melanjutkan kunjungan ke SMKN Wae Ri'i, kemudian ke SMK Elanus dan terakhir ke SMK St. Petrus Ruteng. Rangkaian Kegiatan kunjungan ke SMK di Kabupaten Manggarai itu pun berakhir pada Pukul 17.00.



Nestor Madi



Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll