Iklan

Iklan

,

Iklan

890 Pendaftar Calon PPK KIP Aceh Timur Ikuti Tes Tertulis Berbasis CAT

Republiknews
Selasa, 06 Desember 2022, Desember 06, 2022 WIB Last Updated 2022-12-06T09:03:26Z

 


Republiknews.com, IDI, ACEH TIMUR - Ketua Komisi Independen Pemilihan Provinsi Aceh didampingi ketua Devisi SDM KIP Aceh Timur Yusri, SE mengawasi langsung pelaksanakan tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) badan adhoc calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang dipusatkan di SMA 1 Idi Rayeuk, Selasa (6/12).


Dalam Pelaksanaan tes tertulis yang diikuti sebanyak 890 pelamar yang sebelumnya dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut dibagi dalam empat sesi dihari pertama dengan jumlah peserta 400 peserta, sedangkan dihari kedua dibagi dalam lima sesi dengan jumlah peserta 480.


Untuk sesi pertama diikuti sebanyak 100 peserta, sesi kedua dan ketiga sampai sesi keempat diikuti dengan jumlah yang sama dengan menggunakan empat lokal, dimana  dimasing-masing lokal diikuti 25 peserta. Begitu juga untuk sesi selanjutnya.


Ketua Devisi SDM KIP Kabupaten Aceh Timur, Yusri,SE, mengatakan, dalam pelaksanaan tes tertulis (CAT) calon PPK Pemilu di Kabupaten Aceh Timur ini juga dipantau langsung oleh Ketua KIP Provinsi Aceh, DR. Samsul Bahri.  


Selain itu dihadiri seluruh komisioner KIp Aceh Timur, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh Timur, pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya.


"Dalam pelaksanaan tes tertulis berbasis CAT pada sesi pertama ini dari 100 peserta  ada 5 peserta yang tidak hadir sehingga langsung dinyatakan gugur," katanya.


Selain itu, kata Yusri, ada pergeseran sesi dihari pertama, dimana sesi satu yang seyogia dimuai pukul 8.00-9.30 Wib, digeser ke sesi terakhir yaitu pukul 16.00-17.30 hal ini dkarena memang terjadi kendala pada sistem aplikasi, bukan hanya di Kabupaten Aceh Timur saja namun juga di seluruh Indonesia.  


"Untuk jumlah soal dalam pelaksanaan tes tertulis ini sebanyak 75 soal pilihan ganda, yang berkaitan dengan pengetahuan tentang kepemiluan dan sebagainya.  


Ditambahkannya, dari hasil tes nanti akan diambil sebanyak 15 calon peserta atau tiga kali kebutuhan.  


Hal ini juga sesuai dengan hasil zoom meeting KPU bersama KPU/KIP Kabupaten/Kota pada Senin (5/12) malam, bahwa untuk hasil seleksi tes tertulis diambil 15 besar.  


Sebelumnya, dari hasil pleno KIP Aceh Timur memang rencananya hanya akan mengambil 10 besar atau dua kali kebutuhan, tetapi karena adanya hasil rapat melalui zoom meeting, maka KIP Aceh Timur akan mengambil 15 besar peserta dari hasil tes tertulis dengan nilai tertinggi.” Tutup Yusri.


Zainal abidin jpt

Adv 1

i

Adv ll

Adv lll

ads iv

ads v

ads vi

ads xiii

ads vii