GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Komitmen Tuntas Kelola Sampah, Pemkab Bojonegoro Gelar Bersih-bersih Sampah di Sumuragung


Republiknews.com, Bojonegoro -
Sebagai bagian dari rangkaian memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 dengan tema 'Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat', Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan bersih-bersih sampah. Kegiatan dilakukan di Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo, Jumat (24/2/2023).


Kegiatan bersih-bersih sampah dihadiri oleh Kepala DLH, Camat Sumberrejo, perwakilan Polsek Sumberrejo, Koramil Sumberrejo, Perangkat Desa dan juga relawan. 


Kepala DLH Bojonegoro Hanafi mengungkapkan bahwa sampah saat ini menjadi problem yang sangat serius. Bahkan setiap orang menghasilkan sampah 0,4kg/hari. Jumlah itu menjadi cukup besar jika dihitung semua penduduk di Desa Sumuragung. Ini menjadi problem bagi kita untuk segera diselesaikan.


"DLH tidak bisa sendiri, harus dibantu masyarakat untuk bertanggung jawab menjaga lingkungan. Guna menjaga kualitas air udara dan tanah di lingkungan kita ini," tandasnya.


Sementara Itu Camat Sumberrejo, Gunardi menyampaikan bahwa masalah sampah memang menjadi tantangan menjadi hal yang luar biasa. Keberadaannya pun terkadang membuat masyarakat tidak setuju dan protes, karena dianggap kotor. Namun jika paham pengelolaannya sampah bisa lebih bermanfaat.


"Sampah bisa jadi tantangan kita kedepan. Maka sebab itu kedepan jika paham pengelolaan sampah bisa menjadi berkah," ujarnya.


Kades sumuragung, Mashadi sangat berantusias dan berterimakasih dengan adanya agenda bersih-bersih sampah oleh DLH di atas tanah milik warga yang diperbolehkan pemiliknya untuk menjadi tempat pembuangan sampah tersebut, untuk diangkut dan dibuang ke TPA banjarsari.


"Yang jelas ini tanah milik pribadi, asal usulnya pun kita tidak punya tanah yang ada disini. Namun diperbolehkan oleh pemiliknya," jelasnya.


Mashadi menegaskan kedepannya akan menyediakan lokasi untuk tempat pembuangan sampah dengan akses pengangkutan yang mudah sebagai langkah untuk berbenah.

 

"Terimakasih sudah membantu Desa Sumuragung. Kita benahi sedikit demi sedikit semoga bisa lebih baik dari yang sebelumnya," pungkasnya.  

(Redho)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.