GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

OPINI - PENGARUH HANDPHONE DIMASA KINI

VALDETRUDIS DIMUMahasiswa Semester 2 Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Ruteng,Republiknews.com-
Dalam hidup ini,semua bermula dari suatu kesederhanaan.Lalu teknologi mengubah kesederhanaan itu menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam segala aspek kehidupan manusia.


Dunia ini seakan tak lepas dari informasi dan sangat membutuhkan kehadiran teknologi untuk mengolah informsi.Sehingga pada akhirnya kita harus menggunakan teknologi informasi juga komunikasi lebih jauh.


Penggunan teknologi menjadikan teknologi semakin canggih seiring perkembnagn zaman bahhakan dengan kecanggihan itu,kita semakin mudah mendapatkan informasi dan semakin dan semakin mudah untuk berkomunikasi.


Teknologi juga menjadikan kita seolah –olah hidup tanpa jarak,semua terasa dekat dengan kehadiran teknologi.


 Awalnya teknologi hanya untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan nya ,seiring perkembangan zaman terjadilah penggalihan fungsi teknologi.


Seperti handphone,dulu handphone hanya digunakan untuk sarana berkomunikasi dan hanya digunakan oleh kalangan-kalangan terentu yang biasanya adalah pebisnis dan para pejabat yang sangat membutuhkan handphone.


Namun, seiring perkembangan zaman handphone kini semakin lengkap dengan adanya fitur-fitur menarik yang digunakan oleh semua kalangan mulai dari orangtua,dewasa,remaja bahkan anak-anak.handphone kini bukan sekedar alat komunikasi melanikan sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat.


 Kini,dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi,berbisnis,berbagi, hiburan berupa gambar,suara,games,tulilsan,musik serta video.Hanya dengan handphone,kita dapat mengusung banyak informasi melalui fitur handphone yang disebut interenet.


Di kalangan remaja handphone digunakan sebagai alat untuk  komunikasi dengan menggunakannys secara positif ataupun negatif.Namun,kini remaja sangat rawan akan dampak yang ditimbulkannya terutama dampak negatif dari penggunaan handphone.hal ini dikarenakan sifat remaja yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru.


 Dulu anak sekolah ketika berangkat sekolah,mereka membawa buku tetapi sekarang kebanyakaan  membawa handphone.Seakan-akan hanphone adalah barang yang wajib harus dibawakan,entah alasan mereka benar-benar membutuhkan handphone atau hanya sekedar gaya hidup mereka untuk percaya diri.


Kita juga sering melihat dijalan raya,para penggendara banyak juga yang menyalahgunakn handphone yaitu pada saat berkendara,mereka dengan ilahi memainkan handphonennya seperti menelpon,mengirim pesan teks.padahal hal ini menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena tidak fokus berkendara.


Selain itu,penyalahgunaan handphone saat proses belajar mengajardi lembaga pendidikan formal juga ada.pada saat guru mengajar ada seorang pelajar dengan asyik memainkan handphoenya.


hal ini sangat berdampak buruk bagi prestasi peserta didik,bisa jadi nilainya buruk karena tidk mendengarkan penjelasan dari guru.bahkan pada saat ujian ada seorang pelajar yang menggunakan handphone untuk melihat jawaban di internet.ada beberapa cara untuk untuk terhindar dari jeratan teknologi hanphone yaitu,pada saat disekola sebaiknya pelajar mematikan handphonenya jika tidak diperlukan.


Kesimpulan dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi sekarang yang cukup moderen dapat mempengaruhi dunia penidikan.Disarankan bahwa menggunakan hp saat diperlukan saja dan digunakan semestinya dengan baik.


Penulis Adalah VALDETRUDIS DIMU

Mahasiswa Semester 2 Prodi PGSD Universitas Katolik indonesia Santu Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.