GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Peserta Didik SMK Informatika St. Petrus Ruteng Ikuti Ujian LSP TKJ

Ketua LSP SMK 1 Kupang pose bersama murid SMK Informatika  St.Petrus Ruteng,Foto: Nestor Madi/Republiknews.com

Ruteng,Republiknews.com-
Sebagai salah satu sekolah jejaring Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) SMKN 1 Kupang , Sebanyak 52 peserta didik kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Informatika St. Petrus Ruteng Satu satunya SMK Informatika di Kabupaten Manggarai  yang mengikutkan peserta didik pada Ujian Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) . 


Ujian tersebut berlangsung pada Kamis ,27 April hingga Sabtu 29 April 2023. Dari 5 Ruang Laboratorium SMK Informatika St. Petrus Ruteng ,Proses ujian berlangsung pada 1 Ruang Kelas untuk ujian Teori  dan interview dan 3 Ruang Laboratorium ,1 ruang lab untuk ujian perakitan komponen, 1 ruang pemasangan rabs dan topologi jaringan, dan 1 ruang untuk 

konfigurasi. 


Kristoforus Hanto,S. Pd kepala SMK Informatika St. Petrus Ruteng mengucapkan  rasa terimakasih atas kehadiran dan kesetiaan Kepala Sekolah , Ketua LSP SMKN 1 Kupang dan Tim Accesor sebagai penguji LSP bagi 52 peserta didik kelas XII jurusan TKJ . 


" Ujian Kompetensi kejuruan (UKK) bagi semua peserta didik  kelas XII dari tiga jurusan TKJ, RPL dan Multimedia sudah dilakukan"katanya


Dikatakanya, pelaksanaan  UKK   sudah dilaksanakan dan semua siswa dari tiga jurusan berkompoten . 52 peserta ujian LSP dipilih yang terbaik dari yang baik" Versi SMK Informatika Sudah dilakukan, kami tinggal tunggu hasil dari versi LSP SMKN 1 Kupang, semoga 52 siswa semuanya berkompoten" tandas Bapak Kepala Sekolah yang biasa disapa Pa Kristo. 


Dia menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan ujian LSP ,para peserta didik telah dipersiapkan melalui proses pembelajaran sesuai keahliannya  dan juga dipersiapkan lagi sebelum pelaksanaan ujian.


“Tentunya dalam pelaksanaan ujian LSP ini para peserta didik sudah dipersiapkan sebelumnya baik itu dalam proses pembelajaran selama ini maupun sebelum ujian LSP ”katanya


Dia juga berharap ujian LSP yang terlaksana tersebut mampu menghasilkan output yang berkompeten dan mendapat pengakuan dari dunia usaha maupun dunia industri berdasarkan kompetensi peserta didik. 


Kordinator Ujian LSP Tingkat SMK Informatika St. Petrus Ruteng Benediktus Hempi ,S.Psi menjelaskan, Ujian LSP kali ini merupakan ujian perdana sehingga tidak semua siswa dilibatkan "kita memilih siswa  kelas XII TKJ yang terbaik " Jelasnya


Dia mengatakan, tahun depan diupayakan semua siswa kelas XII dari tiga jurusan bisa mengikuti ujian LSP. 


Drs. Mixon R.N. Abineno  Kepala SMKN 1 Kupang menjelaskan  ujian LSP di SMK Informatika St. Petrus kita fokuskan pada jurusan TKJ yang sudah mempunyai lisensi " Peserta didik yang lulus akan mendapatkan sertifikat logo Garuda  dari Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP ) yang sangat bermanfaat bagi peserta didik"katanya.


Sertifikat logo Garuda dapat dimanfaatkan oleh peserta didik ketika sudah tamat dapat dipakai sebagai salah satu referensi lamaran di dunia kerja. "mulai tahun depan pihak LSP Kupang akan memberikan ujian LSP bukan hanya untuk jurusan TKJ tetapi juga diberikan kepada peserta didik jurusan RPL dan Multimedia" Katanya. 


Ia menegaskan bahwa dalam pelaksanaan Ujian LSP tersebut tidak ada toleransi bagi peserta didik yang mengikuti ujian. 


Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Nggoro Wahang Ruteng Alex Makur, SM menyampaikan bahwa kegiatan tersebut membuat siswa lebih termotivasi dalam mengembangkan kemampuannya di bidang Komputer "ujian LSP mendorong siswa lebih mempersiapkan diri sebelum masuk dunia kerja" Tandasnya


Romanus E. Danggus salah satu peserta Ujian LSP merasa senang saat mengikuti proses ujian yang sangat menantang "kami mengikuti 5 langkah saat  ujian, diantaranya pengetahuan kami diuji melalui ujian teori, setelah itu di lab pertama kami menerapkan pengetahuan kami dengan memasang komponen dan kabel, di lab kedua perakitan dan di lab ketiga pemasangan rabs dan topografi jaringan sekaligus konfigurasi dan yang paling terakhir kamipun diinterview oleh Accesor "kata Erlan. 


Dia berharap hasil ujiannya kompeten  , karena merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua dan untuk masa depanya. 


Pada penutupan kegiatan ujian LSP, Kepala SMKN 1 Kupang menyerahkan hasil ujian LSP kepada Kepala SMK Informatika St. Petrus Ruteng. 


Sebagai informasi ,rencana Kegiatan ujian LSP tingkat SMK Informatika St. Petrus Ruteng sudah  diketahui kepala Dinas dan Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi NTT.



Penulis:Nestor Madi


Sumber Humas SMK Informatika St. Petrus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.