GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Ramadhan Syahru Shodaqoh


Sidoarjo, Republiknews.com
- Alhamdulillah, sekarang sudah memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadhan 1444H adabanyak hikmah yang terkandung di 10 hari pertama Ramadhan. Mudah mudahan Allah SWTsenantiasa menguatkan jasmani dan rohani kita , Rahmat dan Keberkahan,keimanan serta Aqidah semakin kokoh, dan mudah mudahan mendapatkan predikat taqwa dari Allah SWT. Aamiiin yaa robbal ‘alamien.


Mari kita bermuhasabah melalui perkataan para Ulama melalui Hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam Riwayat Anas bin Malik :

عَنْاَنَسٍقِيْلَيَارَسُولَاللهِاَيُّالصَّدَقَةِاَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌفِىرَمَضَانَ

Artinya, “Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’ (HR At-Tirmidzi).


Awal Ramadhan, BMH Gerai Sidoarjo Menyalurkan Amanah Donatur untuk Yatim dan Lansia

Para sahabat radhiyallahu ‘anhu juga menyaksikan kedermawanan dan kemurahan hati Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan disbanding bulan lainnya. Mereka menyaksikan Rasulullah lebih sering berbagi pada bulan Ramadhan


كَانَرَسُولُاللهِصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَأَجْوَدَالنَّاسِوَكَانَأَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَايَكُونُفِيرَمَضَانَ


Artinya, “Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan,” (HR Bukhari dan Muslim).


Dari sini kemudian para ulama menarik kesimpulan bahwa agama Islam memotivasi umatnya untuk berbagi terutama pada bulan Ramadhan.

Al-Baijuri rahimahullah menjelaskan keutamaan berbagi pada bulan Ramadhan.


Ganjaran berbagi pada bulan Ramadhan dapat dilipatgandakan disbanding ganjaran berbagi pada bulan lainnya.



ومبادرتهلإكثارالصدقةلأنهصلىاللهعليهوسلمكانأجودمايكونفيرمضان، وبالجملةفيكثرفيهمن

أعمالالخيرلأنالعمليضاعففيهعلىالعملفيغيرهمنبقيةالشهور


Artinya, “(Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murahhati di Bulan Ramadhan.

Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan,” (LihatSyekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri).


Al Imam Hasan Al Bashri Rahmatullahialaihi berkata : “Sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan akan memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan sedekah yang diberikan di bulan-bulanlainnya. Hal ini karena pada bulan Ramadhan, pahala dari amalan kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sedekah juga memiliki keutamaan untuk menghapus Dosa.


Maka oleh karenanya Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah mengajak kaum muslimin dan para muhsinin serta para dermawan untuk sama sama menebar kebaikan di bulan Ramadhan dengan mendukung program program BMH diantaranya : Paket Takjil Santri 15 ribu, Paket Buka Puasa Santri Rp 30 ribu, Sedekah Sumur Bor Pesantren Pedalaman Rp 250 ribu, Sedekah Semen untuk Mushola pedalaman Rp 250 ribu, Sedekah MCK untuk Pesantren Tahfidz Rp 250 ribu, Kado Lebaran Da’I dan Guru Ngaji Rp 350 ribu, Kado Lebaran Santri dan Dhuafa Rp 350 ribu dan masih banyak lagi.


Paket Menu Ramadhan 1444H bisa di Transfer melalui Rekening BSI :7042955293 atau Mandiri: 1410007554579 a/n. Baitul Maal Hidayatullah atau bisa menghubungi Bagian Program : 081232467711.


[redho]

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.