GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

DAMPAK MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA


Ruteng,Republiknews.com-
Media sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat  membuat berbagai isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Media sosial juga merupakan program digital yang   memfasilitasi para penggunanya  agar dapat  berkomunikasi dan membagikan konten berupa tulisan, foto, video dan juga  menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi penggunanya. 


Media sosial juga  untuk membantu para remaja dalam  berinteraksi satu sama lain  dilakukan secara daring  tanpa dibatasi ruang dan waktu. 


Dengan adanya media sosial ini dapat membawa pengaruh positif bagi masyarakat, khususnya bagi kaum remaja  yang sedang menjalankan studinya sebagai pelajar dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara .


 Manfaat media sosial ini bagi remaja  yaitu dapat dengan mudah melakukan interaksi dengan orang lain serta bisa mendapatkan hal-hal yang baru. Mereka bisa mengakses informasi dengan mudah melalui  media sosial. 


Media sosial ini juga dapat membantu mereka dalam belajar, mengerjakan tugas sekolah, mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki serta bisa menambah wawasan mereka untuk saling memaparkan idenya lewat status di media sosial. 


 Selain pengaruh positif, media sosial juga mempunyai pengaruh negatif terhadap kaum remaja.Pengaruh negatif media sosial bagi remaja ialah  mereka tidak bisa mengatur waktu untuk belajar, lebih memilih untuk bersosialisasi dengan teman onlinenya dibandingkan dengan orang yang berada disekitarnya, dan waktu untuk berkumpul bersama dengan keluarga pun berkurang. 


Pengaruh media sosial ini sangat fatal jika  waktu mereka hanya untuk menikmati dunia mereka sendiri dibandingkan bersosialisasi dengan orang yang ada disekitarnya.


 Di kutip dari arikel Sulidar Fitri (2017:122) media sosial mempunyai dua bagian yaitu positif dan negatif terhadap anak. Mulai dari sisi negatifnya adalah anak-anak banyak yang mejadi anti sosial dimana mereka terlena oleh keasyikan berbincang dalam sosial media dibandingkan bertatap muka langsung dalam dunia nyata, hal lainnya   ialah banyak yang terjerumus   dan terlena karena   keasyikan mereka dalam berbincang di sosial media.


 Banyak hal positif dari penggunaan media sosial seperti memudahkan remaja dalam mengakses  tugas sekolah, mencari jurnal, diskusi dari materi pelajaran di sekolah sampai memberikan pertemanan yang lebih luas bagi anak-anak yang sangat pendiam di dunia nyata.


Menurut saya solusi yang tepat untuk mengatasi masalah mengenai dampak  negatif media sosial bagi remaja yaitu  orangtua harus berperan penting dalam mendorong anak remaja agar tidak menyalahgunakan media sosial dengan hal yang tidak berguna. 


Sebagai remaja juga harus memiliki kesadaran akan hal yang tidak diinginkan dalam menggunakan media sosial, seperti  browsing video pornografi, memposting gambar yang tidak layak untuk dipublikasikan. Selain itu, sebagai remaja yang berpendidikan harus bisa membagi waktu untuk belajar dan berinteraksi dengan baik di lingkungan sosial.



Penulis Adalah Petronela Trinayanti Lambut 

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.