GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Dapat Bantuan P3-TGAI


Magetan- Republiknews.com
, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) adalah program padat karya tunai dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung salah satu agenda prioritas pembangunan nasional.


Merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani. Sedang pelaksanaan kegiatan pada jaringan irigasi tersier pada daerah kewenangan pemerintah pusat, provinsi, dan daerah kabupaten/kota atau jaringan irigasi desa.


Pada tahun anggaran 2023 ini Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Desa Dukuh, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan mendapat program ini melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo selaku Leading sektor, anggaran yang diterima 195 juta yang dialokasikan untuk volume pekerjaan panjang 288m tinggi 60 cm serta lebar 60 sedang tim pelaksana kegiatan adalah himpunan petani pengguna air (HIPPA) setempat. Serta dari pihak Satker Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air BBWS Bengawan Solo juga menyiapkan tenaga pendamping masyarakat (TPM), kata Suparjo Ketua HIPPA Dukuh.


Kepala Desa (Kades) Dukuh, Guritna melalui ketua Hippa Desa Dukuh Suparjo mengatakan bantuan dari Kementrian PUPR yang bersumber dari APBN untuk pekerjaan pembangunan saluran irigasi di area persawahan sangat berarti bagi masyarakat khususnya petani.


“Saya ucapkan terima kasih untuk Kementrian PUPR atas bantuan pembangunan saluran irigasi ini. Warga petani di sini senang sekali karena air untuk irigasi bisa lancar dan cepat. Semoga bisa memenuhi harapan masyarakat dan desa ini bisa semakin sejahtera,” ujar Suparjo ketua HIPPA

Selasa,23/Mei/2023.


Dikatakan lebih lanjut, untuk saat ini progres pengerjaan saluran irigasi yang berada Di Desa Dukuh sudah mencapai sekitar 20%. Pengerjaan Proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) itu dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat.


“Dalam hal ini kami tidak memikirkan keuntungan karena yang penting pekerjaan sesuai dengan RAB dan hasilnya bisa maksimal sesuai yang diinginkan,” Pungkas Suparjo Ketua Hippa Dukuh terkait bantuan P3-TGAI dari Kementerian PUPR RI. 

(Va)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.