GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

PENTINGNYA PUSKESMAS BAGI KESEHATAN MASYARAKAT

Yustina Marisa Juseng, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng

 OPINI:PENTINGNYA PUSKESMAS BAGI KESEHATAN MASYARAKAT 

Manggarai,Republiknews.com-Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelengggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.


Dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi –tingginya.Dalam pelaksanaannya,puskesmas mempunyai tugas untuk melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya guna mendukung terwujudnya kecamatan sehat.


Dalam hal ini,Puskesmas wajib memiliki izin penyelenggaran pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah Daerah Kabupaten /Kota.Dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang baik,pemerintah mendirikan layanan puskesmas.


Puskesmas  adalah salah satu sarana pelayanan dan  pusat kesehatan yang amat penting bagi kesehatan  masyarakat. Puskesmas juga melakukan serangkaian kegiatan yang ditunjukan untuk melakukan pencegahan,penyembuhan penyakit,pengurangan penderitaan akibat penyakit,serta berupaya dalam pemulihan kesehatan perseorangan .


Upaya kesehatan perseorangan mempunyai beberapa layanan seperti ;

Rawat jalan 

Pelayanan gawat darurat 

Pelayanan satu hati (one day care)

Home care 

Rawat inap berdasarkan pertimbangan kebutuhan pelayanan kesehatan.


Puskesmas memberikan fokus pada pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan dengan sasaran keluarga,kelompok dan masyarakat.


jumlah pusat kesehatan masyarakat di negara kita hampir mencapai 10.000 dan dokter yang bekerja di puskesmas mencapai sekitar 1.700 jadi,setiap puskesmas mempunyai sekitar 1,7 dokter,tetapi sekitar 10 persen puskesmas kita belum mempunyai tenaga dokter.


Kementerian kesehatan bekerja keras untuk menempatkan dokter serta tenaga kesehatan lain secara merata.Namun,upaya kementerian kesehatan juga perlu mendapat dukungan pemerintahan daerah.


Jika semua kepala daerah peduli pada masalah kesehatan dan mempunyai anggaran yang memadai untuk kesehatan tentulah layanan kesehatan kita dapat dinikmati masyarakat secara merata Sejak tahun 2014 ,pemerintah indonesia telah menetapkan sistem jaminan kesehatan berskala nasional yang dinamakan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS ).


Dengan menjadi peserta BPJS dan membayari iuran sesuai kewajiban peserta akan mendapat pelayanan kesehatan sesuai haknya.keuntungan sebagai anggota BPJS adalah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan keringanan biaya atau tanpa dipungut biaya sama sekali. berikut adalah kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan oleh peserta BPJS:

*Apabila kita berada di luar wilayah puskesmas atau fasilitas kesehatan ( faskes)tempat kita terdaftar ,kita masih bisa berobat di puskesmas manapun,tidak harus di puskesmastempat kita terdaftar.

*  Jika terjadi keadaan gawat darurat kita juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas atau fakes mana pun .

* Jika kita memerlukan pelayanan kesehatan tingkat lanjut,dokter di puskesmas atau fakes akan memberikan rujukan agar kita dapat melanjutkan pengobatan ke fasilitas layanan kesehatan yang lebih lengkap,seperti di rumah sakit.jadi, program BPJS telah memudahkan masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan.Pasien yang dulunya tak mampu  bayar biaya rumah sakit sekarang dapat berobat dengan jaminan BPJS.Manfaat puskesmas bagi masyarakat memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat,menjaga kesehatan masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan.


PENDAPAT

Menurut pandangan atau pendapat saya puskesmas sangat penting bagi kehidupan masyarakat karna puskesmas pusat kesehatan masyarakat yang memberikan layanan atau fasilitas kesehatan pada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.


Dengan begitu masyarakat bisa terbiasa untuk pergi kontrol ketika sedang sakit, atau terkena penyakit masyarakat juga mampu berperilaku mencegah timbulnya masalah masalah dan gangguan kesehatan ,memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan serta mampu pula berperilaku mengatasi apabila masalah gangguan kesehatan tersebut terlanjur terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.


SARAN

Saran dari saya puskesmas harus menjadi pusat pelayanan pertama agar dapat membantu mencegah penyakit dan memberikan bantuan tindakan yang cepat serta melakukan  penyuluhan atau promosi tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan dengan sabun,membuang sampah pada tempatnya,minum air yang sehat atau bersih dan lain lain. 


Karena masalah kesehatan utama  yang terjadi di tengah masyarakat adalah masih rendah perilaku hidup bersih dan sehat seperti kebiasaan buang air besar sembarang perilaku cuci tangan pakai sabun masih sangat rendah,maka dari itu marilah kita memberikan upaya upaya memfasilitasi perubahan perilaku untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera.



Penulis: Yustina Marisa Juseng

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.