GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Lanjut hingga Surabaya, Ini Tanggapan Wali Kota Eri

 

Kereta cepat

Surabaya, Republiknews.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku bahagia Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal dilanjutkan hingga ke Kota Surabaya.


"Awak dewe tergantung rel kereta apinya. Tapi Alhamdulillah kalau itu sampai ke Surabaya, saya lebih bahagia," kata Eri, Selasa (27/6/2023).


Diketahui, tahun 2022 lalu, Pemerintah pusat menyatakan bakal mengerjakan atau melanjutkan proyek KCJB ke Surabaya pada pertengahan tahun 2023 ini. Beberapa hari lalu juga, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) juga menyatakan bahwa proyek KCJB itu tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan negara lain, seperti Tiongkok yang memproduksi kereta cepat paling banyak di dunia.


Dengan peluang-peluang tersebut, lanjutan proyek Kereta Cepat dari rute Jakarta ke Surabaya itu, mampu memangkas waktu tempuh hingga 5-6 jam, yang artinya perjalanan Jakarta-Surabaya dengan Kereta Cepat hanya membutuhkan waktu 4 jam. Bahkan, tempuhan itu dapat bersaing dengan pesawat.


"Nanti warga yang akan ke Jakarta banyak pilihan, bisa pesawat atau kereta, yang dampaknya bisa membuat harga semakin turun," ungkapnya.


Saat ditanya apakah sudah ada koordinasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ke Pemkot Surabaya, Eri mengaku saat ini belum ada komunikasi dengan pemerintah pusat terkait Kereta Cepat itu.


"Belum ada (komunikasi ke Kemenhub ke Pemkot)," pungkasnya


[redho]

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.